Pelabuhan Bakauheni Mulai 'Diserbu' Penumpang Arus Balik

Rep: Debbie Sutrisno‎/ Red: Bayu Hermawan

Sabtu 09 Jul 2016 10:45 WIB

Ratusan kendaraan antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7). Foto: Republika/ Raisan Al Farisi Ratusan kendaraan antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Pemudik yang merayakan Idul Fitri di Pulau Sumatra mulai kembali ke Pulau Jawa. Pagi ini, Pelabuhan Bakauheni, Lampung ,terlihat dipadati pemudik untuk berlayar menuju Pelabuhan Merak guna kembali ke tempat tinggal masing-masing.

Dari data ASDP Pelabuhan Bakauheni, hingga H+2, Sabtu (9/7) pukul 08.00 Wib, sebanyak 15‎.921 kendaraan. Kendaraan roda empat masih mendominasi dengan 9.343, sedangkan roda dua mencapai 6.011. Sisanya adalah kendaraan lebih dari empat roda seperti truk dan bus.

"Hari ini khususnya nanti malam pasti akan ada peningkatan yang cukup signifikan di pelabuhan ini menuju Merak. Sekarang saja sudah lumayan banyak," ujar Koordinator Data ASDP Pelabuhan Bakauheni Ahsan Muhtar.

Ahsan mengatakan,sejauh ini pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi‎ seperti pembelian tiket lebih awal sebelum sampai di Pelabuhan, yaitu di Hotel 56 yang ada di jalan lintas Sumatera, Lampung Selatan. Dengan skema ini diharapkan penumpukan kendaraan bisa terpecah saat akan masuk ke dermaga

Selain itu, ASDP Pelabuhan Bakauheni juga terus mengupayakan agar trip kapal bisa lebih cepat dan banyak sehingga bisa mengantarkan pemudik dalam waktu singkat ke Pelabuhan Merak untuk langsung menju tempat masing-masing di Pulau Jawa.

Terpopuler