Kamis 02 Feb 2017 17:33 WIB

SpaceX Segera Luncurkan Ulang Roket Falcon 9

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
SpaceX
Foto: AP
SpaceX

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SpaceX berhasil mendaratkan roket Falcon 9, setelah melakukan misi di darat maupun laut. Itu menunjukkan beberapa kali kemampuan untuk memulihkan roket, akan tetapi perusahaan belum menggunakannya kembali untuk misi lain, namun ini bisa berubah dalam waktu dekat.

SpaceX mempunyai langkah dekat untuk peluncuran kembali salah satu yang telah digunakan, roket Falcon 9 dari misi sebelumnya. Dilansir dari Ubergizmo Kamis (2/2), perusahaan tersebut menyatakan melalui Twitter, roket telah mampu melakukan uji statik api, dari Falcon 9 tahap pertama. Ini bisa menjadi langkah besar dalam memastikan, bahwa komponen roket pulih, dan dapat digunakan pada misi lain.

Pada postingan SpaceX juga disertakan foto roket tahap pertama Falcon 9, setelah melakukan misi pada April tahun lalu. Ini adalah yang pertama, perusahaan mampu mendaratkan dengan sukses di tongkang.

CEO Elon Musk mengatakan pada saat itu, bahwa ia kemungkinan memberikan penguat khusus, guna memenuhi syarat untuk digunakan kembali. Perusahaan akan menantikan untuk menggunakan kembali penguat ini dalam misi, dengan perusahaan satelit Eropa SES dan mengharapkan bahwa peluncuran mungkin terjadi dalam waktu dekat, yang kemungkinan terjadi pada awal bulan depan.

Baca juga: NASA Tunjuk SpaceX Pantau Permukaan Air Bumi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement