Mudik, Pedagang Asongan Raup Untung di Pintu Tol Brebes

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Ilham

Sabtu 10 Jun 2017 20:55 WIB

Pedagang Asongan (ilustrasi) Foto: musiron Pedagang Asongan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Mudik menjadi berkah, itulah yang dirasakan beberapa warga yang tinggal di sekitar pintu keluar Tol Brebes. Salah satunya adalah Nurhayati (42 tahun), warga yang tinggal tidak jauh dari pintu gerbang Brebes Timur tersebut mengaku dapat meraup untung hingga jutaan rupiah saat musim mudik lebaran.

"Iya, kadang sampai 30 kardus nasi. Bisa (terjual) sampai Rp 2 juta," ujarnya saat ditemui menjual iftar di sekitar gerbang Brebes Timur, Sabtu (10/6).

Nurhayati mengatakan, sudah menjadi tradisi warga sekitar gerbang tol Brebes untuk berjualan di masa mudik lebaran. Hal tersebut sudah dilakukan warga sekitar selama 3 tahun gerbang tol Brebes beroperasi. "Kalau sudah mulai musim mudik, saya sama anak saya jualan juga. Kalau masih puasa, biasanya jualan sahur sama berbuka saja," jelasnya.

Senada dengan Nurhayati, Samira (37), juga ikut berjualan di area Tol Brebes. Samira menjelaskan, dirinya ikut berjualan asongan seperti kopi hitam dan air mineral dengan menjajakan ke pemudik yang biasanya terjebak macet di gerbang keluar tol Brebes.

Dengan menggunakan keranjang, samira berkeliling menawarkan makanan ringan dan aneka minuman hangat atau dingin untuk para pemudik. "Biasanya ramai kalau sudah dekat lebaran, kita jualan waktu itu," jelasnya.

Terpopuler