Optimistis Pada Kebaikan

Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Idul Fitri
Ilustrasi Idul Fitri | Foto: MGIT03

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Erik Hadi Saputra (Kaprodi Ilmu Komunikasi dan Direktur Kehumasan & Urusan  Internasional, Universitas AMIKOM Yogyakarta)

Pembaca yang kreatif, dalam konsep diri dan persepsi interpersonal, kita akan menemukan kondisi yang disebut mutual respect (saling menghormati). Kondisi ini terjadi apabila kita merasa oke dan orang lain yang berinteraksi dengan kita juga oke. 

Adanya kesamaan pandangan dan saling meng­hargai bahwa orang pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Tinggal fokus kita mau ke mana, me­lihat keunggulan atau membicarakan kelemahan. 

Dalam berkomunikasi kita akan mendapatkan penghargaan dari orang lain ketika kita juga meng­hargai orang lain. Jadi ada situasi yang seimbang dalam interaksi kita. Dalam keluarga jika suami istri memiliki kemampuan mutual respect maka tidak akan muncul ego pribadi yang melibatkan emosional. Masing-masing individu tidak akan mengungkit betapa berat aktivitas hariannya yang berujung saling membandingkan kerepotan pasangannya. 

Dalam pekerjaan, terjadinya mutual respect akan membuat masing-masing staf tidak perlu menceritakan betapa banyaknya pekerjaan yang dia lakukan, karena sebenarnya pekerjaan itu sudah ada target dan pencapaiannya. Jika hanya perban­di­ngan yang diutamakan, maka akan muncul saling iri melihat orang lain lebih santai dari dirinya. 

Jika mutual respect tidak hadir dalam bisnis, maka orang akan saling menjatuhkan. Menyebab­kan hilangnya kepercayaan dan etika bisnis pun dilanggar. Memunculkan rasa bangga bahwa usaha kita lebih baik dari orang lain. Begitupun halnya da­lam organisasi, orang bisa merasa paling benar. 

Semua yang dilakukan oleh orang lain bisa saja menjadi salah. Kalau hanya yang dilihat dari sisi kesalahan, akan sangat banyak muncul kesalahan itu yang disebabkan cara pandang bekerja orang da­lam organisasi yang mungkin tidak sama dan tidak semua menguasai tata kelola administrasi. 

Pembaca yang kreatif, mutual respect sangat cocok kita hadirkan dan kuatkan dalam memasuki Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kita saling menghargai, menghormati dan peduli. Ketika mengucapkan permohonan maaf, maka ucapkanlah dengan tulus. 

Lihatlah orang yang Anda temui dan tunjukkanlah tanda bahwa Anda mengerti dan mendengar ucapan mereka. Suasana Idul Fitri ini patut kita jadikan sebagai momentum untuk saling mem­per­baiki kekurangan dan optimistis pada kebaikan. 

Kita bisa mulai dengan konsistensi usaha kita untuk memberi yang terbaik. Kita akan diberikan pada pilihan untuk sesuatu yang baik untuk kita dan orang lain atau kita tetap memilih apatis dengan semua. Ini berkaitan juga bagaimana Anda mele­wati banyak hal dalam kehidupan. 

Kesabaran dan kerendahhatian Anda membentuk kepribadian yang lebih tenang penuh dengan kebijaksanaan. Karena kalau kita selalu mencari persoalan, maka itu tidak akan pernah selesai. 

Ego kita akan terus mengambil peran. Mema­hami, menghargai dan menghormati sesama pribadi akan lebih membuat kita semakin dewasa da­lam menyikapi semuanya. Maka optimistislah pada kebaikan karena kebajikan itu sesuatu yang mem­buat hati dan jiwa tenang. 

Selamat Idul Fitri 1442 Hijriyah. Taqabbalallahu Min­na Wa Minkum, Wa Ja’alanallahu Minal ’Aidin wal Faizin. Semoga Allah me­nerima segala amalan yang telah kita lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk golongan orang yang kembali fitrah dan menda­patkan kemenangan. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Sehat dan sukses selalu. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Lebaran Dinilai Masih Berikan Keuntungan Bagi Masyarakat

Goes To Sumatera hari ke-2 BPH Migas datangi MOR 2 Sumbagsel

Ratusan Kendaraan Putar Balik di Perbatasan Sukabumi-Cianjur

Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Idul Fitri

Polresta Solo Amankan Perayaan Idul Fitri

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark