Ahad 10 Oct 2021 21:12 WIB

Bom Mobil Targetkan Konvoi di Selatan Yaman

Sebuah bom mobil yang menargetkan konvoi Gubernur Ahmed Lamlas

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Serangan bom di Kota Aden, Yaman.
Foto: EPA
Serangan bom di Kota Aden, Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN -- Sebuah bom mobil yang menargetkan konvoi Gubernur Ahmed Lamlas mengguncang kota pelabuhan Aden di selatan Yaman pada Ahad (10/10). Menurut sumber keamanan dan militer, peristiwa ini menewaskan sedikitnya empat orang.

Kantor berita negara Yaman SABA melaporkan, Lamlas dan Menteri Pertanian Salem al-Suqatri yang merupakan anggota kelompok separatis selatan ini selamat dari usaha pembunuhan teroris.

Baca Juga

Juru bicara militer separatis Dewan Transisi Selatan (STC)  mengatakan, sedikitnya lima orang terluka termasuk tiga warga sipil, salah satunya anak-anak. Petugas pemadam kebakaran dan polisi dikerahkan ke lokasi.

Lamlas adalah sekretaris jenderal STC yang telah bersaing dengan pemerintah yang didukung Arab Saudi untuk menguasai Aden dan wilayah selatan Yaman yang lebih luas. STC juga telah melihat pertikaian di antara jajarannya.

Pemerintah dan STC adalah sekutu di bawah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi yang telah memerangi gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran. Riyadh telah menengahi kesepakatan untuk mengakhiri perebutan kekuasaan, termasuk membentuk kabinet baru yang mencakup anggota STC, tetapi ketegangan telah membara.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement