Kamis 23 Dec 2021 17:46 WIB

Perbedaan Messi dan Ronaldo Menurut Lewandowski

Messi dan Ronaldo dinilai selalu berada satu level di atas pemain-pemain lain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.
Foto: AP/Martin Meissner
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, memiliki pandangan unik terkait perbedaan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam menancapkan namanya di level teratas pentas sepak bola modern. Sementara Messi mendapatkan anugerah dengan bakat alam, Ronaldo meraih berbagai kesuksesannya dengan kerja keras.

Persaingan antara Messi dan Ronaldo menjadi warna tersendiri di pentas sepak bola profesional setidaknya dalam dua dekade terakhir. Messi dan Ronaldo mampu terus bersaing di level tertinggi, baik dari segi capaian personal ataupun tim.

Baca Juga

Keduanya pun menjadi pemain yang paling sering merengkuh titel Ballon d'Or atau penghargaan pesepak bola terbaik sejagat. Publik pecinta olahraga si kulit bundar seolah terbelah soal siapa pesepak bola terbaik sepanjang masa antara Messi dan Ronaldo.

Kendati begitu, dalam dua musim terakhir, duopoli persaingan Messi dan Ronaldo ini mampu dipatahkan oleh Lewandowski, terutama apabila mengacu pada torehan gol. Dalam dua musim terakhir, penyerang asal Polandia itu terbukti begitu produktif.

Pada musim 2019/2020, Lewandowski mengakhiri musim kompetisi dengan koleksi 55 gol dari 47 laga di semua ajang. Kontribusi gol Lewandowski akhirnya mengantarkan Die Bayern meraih gelar treble winners pada musim 2019/2020.

photo
Gaya Lionel Messi setelah mencetak gol untuk Paris Saint Germain (PSG) ke gawang Club Brugge di Liga Champions, Rabu (8/12) WIB. - (EPA-EFE/Ian Langsdon)

Apresiasi terhadap performa Lewandowski itu muncul lewat penghargaan pemain terbaik FIFA 2020. Sayangnya, akibat pandemi Covid-19, gelaran Ballon d'Or terpaksa ditiadakan pada tahun tersebut.

Padahal, penyerang berusia 33 tahun itu dinilai sebagai pesepak bola yang paling layak merengkuh titel Ballon d'Or 2020. Lewandowski tetap membuktikan sebagai kandidat terkuat peraih gelar Ballon d'Or dengan keberhasilan menjaga konsistensi performa pada musim berikutnya. Lewandowski mengoleksi 48 gol dari 40 laga di semua ajang pada musim 2020/2021.

Gelar sepatu emas Eropa musim 2020/2021 disabet oleh eks striker Borussia Dortmund tersebut. Namun, di gelaran Ballon d'Or 2021, Lewandowski harus mengakui keunggulan Messi. Lewandowski berada di peringkat kedua dengan 580 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement