Rabu 12 Jan 2022 16:08 WIB

Tuchel akan Pasang Formasi Bertahan Vs Spurs di Leg Kedua Piala Liga

Tuchel tak ingin ambil risiko Chelsea kehilangan kesempatan lolos ke partai final.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. Tuchel tak akan mengubah formasi ketika melawan Tottenham Hotspur pada leg kedua Piala Carabao (Piala Liga), di Stadion Tottenham, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Rui Vieira
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. Tuchel tak akan mengubah formasi ketika melawan Tottenham Hotspur pada leg kedua Piala Carabao (Piala Liga), di Stadion Tottenham, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea Thomas Tuchel tak akan mengubah formasi ketika melawan Tottenham Hotspur pada leg kedua Piala Carabao (Piala Liga), di Stadion Tottenham, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB. Tuchel memakai formasi empat bek di leg pertama. Hal tersebut keluar dari kebiasaan Tuchel yang menggunakan formasi 3-4-3.

Tuchel sepertinya tak ingin mengambil risiko kehilangan kesempatan lolos ke partai final setelah menang 2-0 pada leg pertama. Dengan formasi empat bek, ia yakin bisa mempertahankan keunggulan agregat.

Baca Juga

Pelatih asal Jerman tersebut memasang Kai Havertz dan Romelu Lukaku di lini depan di Stamford Bridge. Havertz kemudian digantikan Timo Werner yang kembali setelah melewatkan lima pertandingan karena positif Covid-19. Werner pun langsung memberikan ancaman ke pertahanan lawan.

Werner turut menyumbang satu gol ketika Chelsea menang 5-1 atas Chesterfield dalam pertandingan Piala FA. Oleh karena itu, Tuchel tak menampik kemungkinan memasangkan Werner dengan Lukaku di laga nanti.

“Kami adalah Chelsea. Kami memiliki gaya kami, kami memiliki posisi kami, dan kami memiliki kemungkinan yang cukup. Kami bisa bermain dengan dua striker, kami bisa bermain 5-3-2, kami telah memainkan ini berkali-kali dengan bola dan tanpa bola,” ujar Tuchel dikutip dari laman resmi klub, Rabu (12/1/2022).

Tuchel juga tak memungkiri bisa bermain dengan formasi dua striker atau 4-4-2 seperti pertandingan leg pertama. Ia menegaskan banyak opsi formasi untuk dipakai melawan Tottenham meskipun peluang tak mengubah formasi juga cukup besar.

Tuchel pun menantang pemainnya menampilkan yang terbaik di lapangan. Masing-masing individu perlu berjuang agar mendapatkan kesempatan bermain mengingat banyak pemain kunci yang kembali beberapa pekan terakhir.

“Pemain perlu menunjukkan siap berada di lapangan. Sangat mudah, kami tidak menciptakan hal baru untuk membuat pemain senang atau lebih baik. Mereka memiliki semua yang diperlukan. Itu tugas mereka untuk menunjukkan kepada kami,” kata mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement