Selasa 08 Feb 2022 13:00 WIB

Biden: Putin Lakukan Kesalahan Besar Jika Invasi Ukraina

AS dan NATO siap merespons jika Rusia bergerak secara militer melawan Ukraina

Red: Esthi Maharani
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

WASHINGTON -- Presiden AS Joe Biden pada Senin (7/2/2022) memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan kesalahan besar jika melancarkan tindakan militer terhadap Ukraina.

"Dia harus menyadari bahwa itu akan menjadi kesalahan besar baginya untuk pindah ke Ukraina. Dampaknya di Eropa dan seluruh dunia akan menghancurkan, dan dia akan membayar ongkos yang mahal," kata Biden kepada wartawan dalam konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Biden menegaskan Washington akan menjatuhkan sanksi berat pada Rusia jika Putin menyerang Ukraina, yang katanya akan mempengaruhi AS dan negara-negara Eropa.

Kunjungan Scholz adalah yang pertama ke Washington sejak menjabat pada Desember. Kedua pemimpin membahas hubungan bilateral, kerja sama antara kedua negara, dan kemungkinan sanksi terhadap Rusia.

Biden memuji Jerman atas perannya dalam mendorong de-eskalasi ketegangan dan mendorong dialog dengan melalui format Normandia.

"Tetapi jika Rusia membuat pilihan untuk menginvasi Ukraina lebih lanjut, kami bersama-sama siap dan semua anggota NATO siap," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement