Senin 21 Feb 2022 19:59 WIB

Tip Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan Smartphone

Investasi merupakan salah satu cara yang praktis untuk mendapatkan passive income.

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
.

Pixabay 
Pixabay

Di masa pandemi, seperti sekarang, memiliki sumber pendapatan tambahan menjadi terasa semakin diperlukan. Dengan pesatnya, perkembangan teknologi, ada berbagai peluang yang bisa kita lakukan untuk mengupayakan kita memiliki penghasilan tambahan, di luar pendapatan rutin setiap bulan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Manfaatkan internet untuk mencari informasi tambahan

Kemudahan akses internet membuka lebar peluang bagi siapapun untuk dapat belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hampir semua hal sekarang bisa kita temukan di internet secara gratis, termasuk inspirasi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Saat ini, kita juga bisa menyimak beberapa video tips & trik singkat di YouTube, diskusi di forum-forum terpercaya, hingga mengikuti beberapa tokoh yang kerap membagikan pengalamannya di media sosial.

Untuk makin membekali diri dengan pengetahuan yang mendalam, kita bisa mengikuti webinar atau talkshow inspiratif. Saat ini, berbagai platform media sosial sering menyelenggarakan acara talkshow gratis yang bisa kamu manfaatkan. Selain untuk belajar, internet juga tentunya bisa menghubungkan kamu dengan pihak-pihak yang mungkin bisa membantu kelangsungan usahamu.

2. Maksimalkan waktu di luar jam kerja

Manajemen waktu yang baik merupakan kunci utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu luang untuk mengambil pekerjaan lain di luar pekerjaan utama.

Hal ini penting agar kamu dapat fokus menjalani kedua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu luang untuk menyalurkan keterampilan lain di luar pekerjaan utama secara part time atau menjadi freelancer.

Misalnya, mengambil pekerjaan freelance saat akhir pekan sebagai videographer pada acara pernikahan atau membuat desain undangan untuk acara. Namun, jangan lupa juga menyisihkan waktu untuk istirahat dan me-time agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

3. Mencari passive income dengan berinvestasi

  Photo by <a href=Liza Summer from Pexels" />
Photo by Liza Summer from Pexels

Strategi satu ini cocok untuk kamu yang sudah sibuk mengurus pekerjaan utama sembari mengelola pekerjaan tambahan, namun masih ingin menabung pundi penghasilan. Investasi merupakan salah satu cara yang praktis untuk mendapatkan passive income karena bisa dilakukan secara daring melalui gawai saja.

Selain berinvestasi pada produk reksa dana atau logam mulia, kamu bisa mencoba investasi dengan sistem crowdfunding di Bizhare. Investasi ini menerapkan konsep urunan atau crowdfund bersama beberapa orang untuk membiayai franchise atau bentuk bisnis lain. Selain mudah, sistem crowdfunding juga dapat dimulai dengan nominal investasi yang tidak terlalu tinggi karena melibatkan banyak orang untuk pengumpulan dana.

Selain itu, kita juga bisa berinvestasi di platform-platform yang menawarkan Reksa Dana atau emas digital. Saat ini, aktivitas menabung Reksa Dana bisa dilakukan dengan cara nominal yang sangat terjangkau. Hanya saja, perlu diingat kita harus tetap berhati-hati dalam memilih platform yang akan kita gunakan.

Pastikan platform tersebut terpercaya, dan sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan juga mudah terpesona oleh janji manis platform yang menawarkan imbal hasil besar, dalam jumlah pasti, dan dalam waktu singkat. Karena investasi, selalu memerlukan waktu, kesabaran, dan ada banyak faktor yang menentukan naik turunnya nilai uang kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement