Kamis 17 Mar 2022 20:40 WIB

Olahraga Ringan Ini Bisa Jadi Solusi Bagi yang Sering Nyeri Otot dan Sendi Saat WFH

Nyeri sendi-otot yang dulu lebih banyak dikeluhkan lansia kini usik orang yang WFH.

Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi bekerja dari rumah (WFH). Nyeri sendi dan otot bisa dicegah dengan melakukan olahraga ringan.
Foto: Andrea Verdelli/Getty Images
Ilustrasi bekerja dari rumah (WFH). Nyeri sendi dan otot bisa dicegah dengan melakukan olahraga ringan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Instalasi Rehabilitas Medik (IRM) RS M Ridwan Meuraksa dr Saad Budiyono SpKFR mengingatkan pentingnya olahraga ringan untuk mencegah dan mengatasi nyeri otot dan sendi. Gangguan ini yang sering dikeluhkan orang yang menjalankan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah.

Dr Saat mengatakan, selama pandemi Covid-19, nyeri otot dan sendi juga dikeluhkan kalangan muda yang harus bekerja dari rumah. Padahal, sebelum ada pandemi, penyakit nyeri otot dan sendi identik dengan penyakit orang lanjut usia.

Baca Juga

"Pada lansia, mereka memang mengalami degenerasi sehingga kinerja sendi dan ototnya tidak lagi maksimal," kata kepala Instalasi Rehabilitasi Medik di rumah sakit militer di bawah Kesdam Jaya itu di acara diskusi daring, Kamis (17/3/2022).

Untuk mencegah terjadinya nyeri otot dan sendi, dr Saad menyarankan agar melakukan olahraga ringan. Selain itu, pastikan intensitasnya rutin.

"Paling mudah ya (olahraganya) jalan kaki, minimal 30 menit sampai satu jam," kata dr Saad.

Sambil berjalan kaki, coba angkat tangan dan latih pernapasan. Idealnya, itu dilakukan tiga sampai lima kali dalam sepekan.

"Intinya sesuai dengan usia," kata dr Saad.

Bagi orang-orang yang gemar menjalankan olahraga berat, seperti berenang, bermain bola, hingga bersepeda, gerakan pemanasan dan pendinginan diperlukan untuk menghindari nyeri pada otot dan sendi. Untuk memastikan otot dan sendi bekerja dengan maksimal, dr Saad juga menyarankan orang-orang ketika beraktivitas baiknya tidak mengandalkan satu posisi saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement