Rabu 05 Oct 2022 20:00 WIB

ITB Punya Hybrid CreateView Smart Classroom, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Pembelajaran hybrid tengah diterapkan di semua kampus ITB.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Rektor<a href= ITB Prof Reini Wirahadikusumah meresmikan CreateView Smart Classroom di Kampus Ganesha, Bandung, Senin (03/10/22). " />
Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah meresmikan CreateView Smart Classroom di Kampus Ganesha, Bandung, Senin (03/10/22).

Kampus—Institut Teknologi Bandung (ITB) punya fasilitas perkuliahan hybrid baru dengan nama "CreateView Smart Classroom". Fasilitas ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah meresmikan CreateView Smart Classroom di Gedung Labtek VIII Lantai 4, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Kampus Ganesha, Bandung, Senin (03/10/22). Menurut rektor, fasilitas tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan 4.0 yang mengarah kepada digital transformation.

"Beberapa ruangan kelas di ITB juga telah bertransformasi menjadi hybrid," kata rektor usai peresmian seperti dikutip laman itb.ac.id.

Fasilitas CreateView Smart Classroom merupakan program kerja sama antara ITB dengan Southern University of Science and Technology (SUSTech), International Centre for Higher Education Innovation di bawah Unesco, dan disponsori oleh Guangzhou CreateView Education Technology.

CreateView Smart Classroom berisi 50 komputer yang terkoneksi internet, terdapat layar besar di depan kelas yang terhubung dengan kamera. Fasilitas ini sudah diuji coba dan harapan ke depannya dapat mendukung perkuliahan hybrid di ITB.

"Melalui pembelajaran hybrid dan didukung oleh fasilitas seperti smart classroom, proses pembelajaran akan lebih baik, terdapat real feedback pembelajaran hybrid tengah diterapkan di ITB baik, memudahkan interaksi, dan juga mempercepat proses transformasi pendidikan ke arah digital," kata rektor.

Reini mengungkapkan, itu di Kampus Ganesha, Kampus Jatinangor, maupun di Kampus Cirebon. Skema perkuliahan hybrid dilakukan dengan dosen menyampaikan kuliah di Kampus ITB Ganesha dan mahasiswa di ITB Jatinangor dapat mengikuti kelas tersebut secara streaming.

Perwakilan dari Unesco Hassan A Shehzad mengatakan, sudah ada 12 smart classroom yang dibangun pihaknya di beberapa negara di Afrika dan Asia. ITB menjadi kampus pertama yang dibangun. Hassan menyatakan, bahwa pembangun smart classroom ini bertujuan untuk membangun inovasi di seluruh dunia.

"ITB merupakan yang pertama dan satu-satunya smart classroom di Indonesia," ungkapnya.

Wakil Dekan Akademik STEI ITB Dr techn Saiful Akbar menambahkan, inisiasi program ini sudah berjalan selama empat tahun dan baru terealisasi saat ini. Ia berharap fasilitas ini bisa menunjang kegiatan akademik di ITB.

Baca juga :

Rancang Pembalut Ramah Lingkungan, Mahasiswa ITB Juara Lomba Falling Walls Lab Indonesia 2022

Mahasiswa ITB Kenalkan Loseda, Solusi Pengelolaan Sampah Dapur

Kenalkan Energi Besih, Mahasiswa ITB Pasang Panel Surya di SDN Pelesiran

Tips Menghubungi Dosen Via WA Agar Urusan Lancar

Tips Agar Baterai HP Awet Saat Tethering Seharian

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement