Nikmatnya Es Teh dengan Campuran Buah dan Bunga

Republika/Rakhmawaty La'lang
Es teh manis (ilustrasi).
Rep: Desy Susilawati Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain bisa dicampurkan dengan buah dan daun, es teh juga nikmat jika dicampurkan dengan bunga atau tanaman lainnya. Seperti apa pencampurannya. Dan bagaimana hasilnya? Apakah rasanya menjadi bertambah enak atau justru aneh? Simak paparannya seperti dikutip dari laman allwomenstalk, Sabtu (10/1) berikut ini.


Hibiscus Pomegranate Iced Tea

Kali ini resepnya berbeda, bukan es teh dengan buah dan daun, tapi justru dengan bunga. Yaitu teh yang bercampur dengan buah delima dan kembang sepatu. 

Kedengarannnya sangat menarik dan pasti lezat. Selain untuk mengilangkan dahaga saat haus, teh juga bemanfaat untuk kesehatan. Seperti diketahui hibiscus atau kembang sepatu bisa mengatasi hipertensi.

Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut ini. Yaitu seperempat cangkir teh loose hibiscus, empat cangkir air mendidih, satu cangkir jus delima, empat cangkir air dingin dan juga lemon untuk pemanis atau garnish.

Cara membuatnya, seduh teh dalam air mendidih selama lima menit. Saring dan tuang kedalam teko besar. Tambahkan jus delima dan air dingin, aduk dan tambahkan es. Kemudian sajikan dengan irisan lemon.

Rhubarb Iced Tea

Rhubarb? Namanya asing ditelinga Anda bukan? Ternyata rhubarb itu semacam pohon keladi atau talas/mbote dalam bahasa Jawa. Rhubarb adalah tanaman yang daunnya beracun tetapi tangkainya bisa dijadikan bahan makanan dan sangat lezat. 

Rhubarb juga bisa dimanfaatkan untuk tambahan es teh. Ini adalah resep dari Martha Stewart. 

Kombinasi dari air rhubarb akan memberikan rasa yang sungguh enak serta warna yang bagus tanpa harus menggunakan salah satu teh celup. Anda tidak akan menyesal setelah mengonsumsi segelas teh manis ini .

Bahan yang digunakan delapan batang rhubarb, potong hingga masing-masing berukuran tiga inci. Sediakan pula delapan cangkir air, sepertiga cangkir gula dan daun mint segar. 

Cara membuatnya cukup sederhana, rebus rhubarb dalam air, kemudian didihkan perlahan selama satu jam. Saring kemudian tambahakan gula dan aduk hingga larut. Sajikan dengan daun mint. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler