Indonesia Dapat Apresiasi Sidang Parlemen Asia

Yogi Ardhi/Republika
Gedung DPR
Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Indonesia mendapat apresiasi dari Komisi Organisasi Sidang Umum ke 36 AIPA  di Kualalumpur, Malaysia. Apresiasi itu diberikan kepada Indonesia karena telah memberikan kontribusi pada ASEAN.

“Salah satu kontribusi Indonesia adalah dalam penyediaan dan pengadaan fasilitas kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta,” kata Anggota Delegasi Indonesia, Hamdhani, di Komisi Organisasi Sidang Umum AIPA di Malaysia, Rabu (9/9).

Bahkan, Indonesia telah memberikan tempat yang strategis bagi Sekretariat AIPA yang berada dalam satu gedung dengan Sekretariat ASEAN. Namun, menurut dia, dalam diskusi Komisi Organisasi AIPA itu sempat terungkap harapan agar Sekretariat AIPA ini tetap berada di kantor Parlemen Indonesia seperti saat ini yaitu di Nusantara III Gedung DPR RI, Jakarta.

"Karena ada keterikatan dalam konteks ini dengan parlemen. Namun beberapa delegasi juga ada yang setuju Sekretariat AIPA ditempatkan di kantor Sekretariat ASEAN," ujar politikus asal daerah pemilihan Kalimantan Tengah itu.

Selain memberikan apresiasi kepada Indonesia, Komisi Organisasi AIPA membahas masalah spesial donasi dari setiap negara dalam bentuk mata uang dolar. Dana ini akan digunakan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu negara-negara dalam menyelenggarakan sidang AIPA kekurangan dana. 


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler