Pecinta Bunga Bersiaplah untuk Batu Flower Festival

abc
Festival Bunga. Ilustrasi
Rep: Christiyaningsih Red: Winda Destiana Putri

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Guna menggaet lebih banyak wisatawan Dinas Pariwisata Kota Batu bakal menggelar Batu Flower Festival pertengahan tahun ini. Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Sinal Abidin mengatakan ajang ini juga jadi sarana promosi untuk meningkatkan pamor petani bunga Batu.

Batu Flower Festival (BFF) akan diadakan selama tiga hari pada Juli mendatang. Sejumlah kegiatan seperti karnaval dan bazar bunga akan mewarnai acara ini. "Sebelum diadakan kami sudah berkoordinasi dengan gapoktan untuk menanam bunga agar ketika panen berbarengan dengan BFF," jelas Sinal kepada Republika, Ahad (19/2).

Selain dikenal sebagai produsen apel, Kota Batu juga selama ini memasok aneka bunga potong ke berbagai wilayah di Malang. Produksi unggulannya adalah bunga krisan, anggrek, dan mawar. "BFF diharapkan bisa menambah keuntungan bagi para petani bunga potong," imbuhnya.

Pemerintah Kota Batu menargetkan kunjungan 4,2 juta wisatawan sepanjang tahun ini. Sinal mengatakan pihaknya membidik kunjungan wisatawan mancanegara bisa mencapai 10 persen dari target tersebut.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Kota Batu, tahun lalu sekitar empat juta wisatawan berkunjung ke kota berhawa sejuk ini. Namun, jumlah wisatawan mancanegara masih kurang dari sepuluh persennya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler