Marchisio Bermimpi Bisa Jadi Pelatih Juventus

Marchisio memang belum memberikan sinyal untuk melanjutkan kariernya di sepak bola.

EPA/Alessandro Di Marco
Claudio Marchisio.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Ratna Puspita

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Mantan gelandang Juventus, Claudio Marchisio, mengungkapkan, salah satu keinginannya adalah untuk kembali ke Juventus dan menjadi pelatih tim utama I Bianconeri. Namun, mantan gelandang asal Italia itu mengakui, tidak semua orang bisa menjadi pelatih yang bagus.

Baca Juga


Sejak memutuskan gantung sepatu pada Oktober 2019, Marchisio memang belum memberikan sinyal untuk melanjutkan kariernya di sepak bola profesional sebagai seorang pelatih. Kendati demikian, Marchisio menegaskan, tidak akan menolak tawaran yang datang dari Juventus.

''Apabila itu (tawaran menjadi pelatih) dari Juventus, maka saya akan katakan iya. Namun, tidak semua orang bisa atau berbakat untuk menjadi pelatih yang bagus,'' kata Marchisio seperti dikutip Football Italia, Ahad (12/4).

Memulai karier di tim primavera Juventus, Marchisio akhirya terpaksa meninggalkan Si Nyonya Tua pada 2018 silam. Selama 12 musim memperkuat I Bianconeri, Marchisio telah mempersembahkan tujuh Scudetto dan satu titel Serie B. 

Julukan Il Principino atau pangeran kecil pun disandang Marchisio sebagai bentuk kecintaan fans terhadap Marchisio. Sempat memperkuat Zenit Saint Petersburg selama satu musim, tepatnya pada musim 2018/2019, Marchisio akhirnya memutuskan pensiun pada Oktober 2019 silam saat baru menginjak usia 33 tahun. 

Marchisio pun mengaku rindu untuk bisa kembali tampil di lapangan hijau, terutama suasana di ruang ganti. ''Harus diakui, saya merindukan suasana di ruang ganti pemain, karena disanalah, Anda bekerja setiap hari,'' ujar Marchisio.

Hingga saat ini, Juventus dinilai belum menemukan gelandang dengan gaya permainan yang mirip dengan Marchisio. Mantan gelandang timnas Italia itu pun menyebut, setidaknya ada tiga pemain di Italia saat ini yang gaya permainannya mirip dengan dirinya. 

Mereka adalah gelandang Fiorentina, Gaetano Castrovili, gelandang Inter Milan, Nicolo Barella, dan gelandang AS Roma, Lorenzo Pellegrini. Uniknya, dari tiga nama tersebut, nama Castrovili disebut-sebut tengah diincar Si Nyonya Tua. ''Saya melihat gaya permainan saya di tiga pemain tersebut. Saya adalah pemain yang bisa ditempatkan di berbagai posisi di lini tengah,'' ujar Marchisio. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler