Pemberian Vitamin A di Kalibaru dan Cilodong Door to Door

Pemberian vitamin A tidak dilaksanakan di Posyandu.

Blogspot
Relawan di Posyandu sedang bertugas, ilustrasi
Rep: Rusdy Nurdiansyah Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemberian vitamin A kepada balita di wilayah Kelurahan Kalibaru dan Cilodong, Kota Depok mulai dilaksanakan. Kali ini pelaksanaannya tidak di Posyandu tetapi dilakukan secara langsung dari rumah ke rumah (door to door).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilodong, Dharma Ningsih mengatakan, total posyandu di dua kelurahan tersebut ada 17 unit. Sebagian besar di antaranya melaksanakan pemberian vitamin A dengan sistem door to door.

"Pekan lalu kami sudah ada pertemuan dengan kader terkait teknis pelaksanaannya, mayoritas maunya door to door.  Tapi ada juga yang membuka seperti biasa di lokasi," ujar Dharma dalam siaran persnya Rabu (5/8).

Menurut Dharma, sasaran balita yang mendapatkan vitamin A sebanyak 2.840 orang. Namun, data ini masih bersifat sementara karena masih tersisa tiga posyandu yang belum mengirim data balita di wilayah kerjanya.

Baca Juga


"Ada penambahan dibanding bulan Februari lalu yakni hanya 2.674 balita mendapatkan vitamin A," ucap dia.

Dia menambahkan, vitamin A diberikan kepada balita usia 6-59 bulan. Termasuk ibu dalam masa nifas. "Banyak manfaat yang didapat balita apabila mengonsumsi vitamin A, selain membentuk pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh, vitamin ini juga dapat mencegah rabun senja, kebutaan, hingga anemia pada ibu nifas," kata Dharma.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler