India Berharap Petani Miskin Selamatkan Ekonomi Nasional
Pendapatan petani yang tinggi diharapkan meningkatkan permintaan barang di India.
REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Para pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, dan politisi sama-sama menaruh harapan pada sektor pertanian di pedesaan karena curah hujan yang melimpah memberikan potensi untuk panen besar tahun berikutnya. Pendapatan yang lebih tinggi dari petani diharapkan meningkatkan permintaan dari mobil ke semen hingga perhiasan emas.
Dilansir Bloomberg, Senin (9/11), berbeda dengan daerah perkotaan, sektor industri masih berjuang meningkatkan penjualannya setelah pandemi yang melanda kegiatan bisnis, menurunkan permintaan dan menyebabkan kekurangan tenaga kerja. Dampak buruk dari pembatasan sosial yang paling ketat di dunia pada bulan Maret terus membayangi, tetapi daerah pedalaman masih menyimpan harapan.
Maruti Suzuki India Ltd dan unit lokal Hyundai Motor Co Korea Selatan, dua pemain utama di pasar mobil India, mengatakan penjualan Oktober adalah yang terbaik untuk setiap bulan. Hero MotoCorp Ltd, pembuat sepeda motor dan skuter terbesar di dunia, serta saingan yang lebih kecil Bajaj Auto Ltd, melaporkan rekor penjualan, karena pasar pedesaan memberikan bantalan terhadap penurunan di kota-kota.
“Kami telah melihat permintaan yang lebih kuat dari daerah pedesaan di seluruh kategori untuk produk kami dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Srinivasu Allaphan, direktur penjualan dan pemasaran di JK Tire & Industries Ltd melalui e-mail kepada Bloomberg.
“Kami berharap ini bertahan selama tiga kuartal ke depan. Penjualan yang lebih tinggi di pasar pedesaan akan mengkompensasi kerugian di kota-kota perkotaan dan semi-perkotaan," katanya menambahkan.
Pendapatan pedesaan tetap kuat karena produksi biji-bijian pangan yang ditanam pada musim hujan diperkirakan mencapai rekor 144,5 juta ton. Langkah pemerintah untuk menaikkan harga dukungan untuk beberapa tanaman dan meningkatkan pengeluaran untuk program pekerjaan pedesaan juga telah mendukung pendapatan petani dan buruh.
“Meskipun Covid-19 dan penguncian terkait, aktivitas pertanian di seluruh negeri hampir tetap tidak terpengaruh. Hal ini meningkatkan harapan bahwa permintaan pedesaan dapat mendorong pemulihan ekonomi,” menurut India Ratings and Research Ltd, unit dari Fitch Ratings Ltd.
Beberapa perusahaan melaporkan permintaan yang kuat untuk produk dan layanan mereka, seperti mobil, semen, baja, ban dan perhiasan, di daerah pedesaan.
Hindustan Unilever Ltd, pembuat produk perawatan pribadi terbesar di Asia berdasarkan nilai pasar, mengatakan penjualannya melonjak terbesar sejak 2011. “Kami melihat pasar pedesaan serta kota-kota kecil berkinerja relatif lebih baik,” ujar Sanjiv Mehta, ketua dan direktur pelaksana Perusahaan Hindustan Unilever melalui telekonferensi.
Traktor, mobil penumpang dan kendaraan komersial ringan melihat permintaan yang sehat karena pembelian pedesaan terus menguat, menurut Mahindra & Mahindra Financial Services Ltd. “Kami terus menyaksikan permintaan ritel yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Hemant Sikka, presiden di Mahindra & Mahindra Ltd, yang juga produsen traktor traktor.
Bahkan aktivitas konstruksi semakin cepat. Volume penjualan ritel JSW Steel Ltd naik lebih dari dua kali lipat dari kuartal sebelumnya pada periode Juli-September, kata perusahaan itu. Sementara Ajoy Chawla, Kepala Eksekutif Divisi Perhiasan Titan Co, mengatakan permintaan di tingkat dua hingga tiga kali lipat, karena pasar didorong oleh pernikahan yang ditunda lebih awal.
Beberapa petani lebih suka berinvestasi emas. “Ketidakpastian ekonomi pasca-Covid akan semakin memperkuat permintaan, karena emas telah muncul sebagai pilihan investasi teraman,” kata Ahammed MP, Ketua Malabar Gold & Diamonds yang berbasis di Kerala.
Tanya Rastogi, direktur Lala Jugal Kishore Jewellers, mengatakan sektor pedesaan adalah harta karun yang belum dimanfaatkan untuk industri perhiasan.
Sementara itu, Harat Petroleum, pengecer bahan bakar terbesar kedua di negara itu, mengatakan penjualannya di kantong perkotaan hampir setengahnya, mendorongnya untuk segera fokus pada segmen pedesaan dan jalan raya untuk menahan hilangnya pangsa pasar. “Kami ingin menangkap keberadaan pedesaan dan pertumbuhan pedesaan India,” kata Direktur Keuangan Harat Petroleum, Vijayagopal.