Tidak Suka Membaca? Coba Tips Ini

Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca.

Wallpaperflare
Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca.
Rep: Rahma Sulistya Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Anak Jakarta Membaca atau Hanjaba diperingati setiap 24 Agustus, sebagaimana dikutip dari laman resmi Perpustakaan Nasional Indonesia. Hanjaba adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan literasi dan menumbuhkan minat, kegemaran, kebiasaan, dan budaya baca masyarakat DKI Jakarta.

Menurut UNESCO, dikutip republika.co.id, Rabu (25/8), Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca, dan hanya 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang gemar membaca. Peringkat ini memperkuat bukti bahwa kebiasaan membaca merupakan suatu hal yang semakin sulit ditemui pada masyarakat Indonesia.

Sejak kecil sebenarnya kita telah diajarkan untuk membangun kebiasaan membaca. Namun, beranjak dewasa, kita seringkali justru mengasosiasikan kegiatan membaca dengan sesuatu yang membosankan dan tidak interaktif. Padahal, kebiasaan membaca memiliki manfaat yang beragam pada kesehatan seperti meningkatkan kualitas fungsi otak, hingga mencegah penurunan kognitif akibat usia.

Salah satu studi dari Haskins Laboratory menunjukkan, ada hubungan yang kuat antara keterampilan membaca dengan kemampuan konsentrasi seseorang. Seseorang yang terbiasa membaca buku tanpa gambar, terbukti memiliki jangka waktu fokus yang lebih panjang karena terbiasa mempertahankan fokus ke sebuah tulisan tanpa distraksi.

Memiliki tingkat fokus yang tinggi ini tentunya juga bisa memberikan manfaat lebih di setiap aktivitas yang kita lakukan. Lalu, bagaimana cara membangun kebiasaan membaca buku, jika tidak memiliki kebiasaan membaca? Tips berikut bisa diikuti agar membaca bisa jadi kebiasaan baru yang positif.

1. Tentukan Tujuan Membaca
Memiliki visi yang jelas mengenai tujuan membaca adalah langkah pertama yang sangat penting. Tanyakan kepada diri sendiri apakah buku yang dibaca bertujuan untuk hiburan atau motivasi? Apakah ingin mempelajari keterampilan tertentu? Atau mungkin ingin meningkatkan kosa kata? Pertanyaan ini nantinya merujuk ke jenis buku yang ingin dibaca serta cara membacanya.

2. Membaca Perlahan dan Jangan Terlalu Ambisius
Bagi yang belum terbiasa, membaca buku lima jam sehari mungkin akan terasa sangat berat. Untuk membangun kebiasaan dari nol, mulailah membaca buku satu halaman per hari. Perlahan, tingkatkan halaman membaca secara konstan. Ingat, konsistensi merupakan kunci utama dari membangun sebuah kebiasaan baru.

Baca Juga


3. Temukan Video Singkat atau Sinopsis Buku Yang Mau Dibaca
Sama halnya dengan menonton film, menyelesaikan sebuah buku akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Memahami gambaran umum, konsep dan pemikiran di balik sebuah buku adalah hal yang penting, sehingga bisa menentukan apa buku yang mau dibaca sepadan dengan waktu yang akan dihabiskan.

4. Habit Stacking
Waktu kecil, mungkin sering melihat orangtua kita minum kopi sambil membaca koran di pagi hari. Hal ini, bisa dianggap sebagai habit stacking, yaitu menggabungkan dua kebiasaan dalam satu aktivitas. Jadi, cobalah untuk mencari kebiasaan apa yang sering dilakukan setiap hari, dan sisipkan membaca buku di dalamnya. Misalnya, kebiasaan minum teh di malam hari sebelum tidur. Kali ini, bisa menyertakan kebiasaan membaca satu halaman buku bersamaan dengan minum teh. Hal ini akan sangat mempermudah dalam membangun kebiasaan baru.

5. Audiobook Sebagai Teman Membaca
Membaca hanya melibatkan satu panca indera saja. Mungkin, hal ini yang membuat kita menganggap membaca adalah hal yang membosankan. Di zaman sekarang, kita sudah bisa mengakses jutaan audiobook di internet. Cobalah untuk membaca buku dan mendengarkan audiobook secara bersamaan, untuk meningkatkan interaksi serta mengurangi distraksi dalam membaca. Cara ini juga sangat bagus sebagai latihan dalam meningkatkan kecepatan membaca.

6. Ubah Mindset
Tips terakhir yang juga tidak kalah penting adalah mengubah pola pikir tentang membaca. Jika kita terus menganggap kita adalah orang yang tidak suka membaca, tips di atas akan sangat terasa sulit untuk dilaksanakan. Mulai sekarang, anggap diri kita sebagai orang yang suka membaca, niscaya tips di atas akan sangat mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler