Kalsel Jadi Daerah Terbaik Pelayanan Perlindungan Konsumen

Kalsel raih penghargaan karena berkinerja konsisten dalam perlindungan konsumen

Pemprov Kalsel
Bertempat di Ballroom Jakarta Theater digelar Puncak Perayaan Hari Konsumen Nasional Tahun 2021, Kamis (28/10), Wakil Gubernur H Muhidin mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menerima penghargaan di bidang pelayanan perlindungan konsumen.
Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Citra  Kalimantan Selatan ( Kalsel) sebagai daerah komitmen terhadap upaya peningkatan pelayanan publik di skala nasional makin bersinar. Kali ini penghargaan nasional dianugerahkan oleh Kementerian Perdagangan RI sebagai daerah terbaik pelayanan perlindungan konsumen.


Penghargaan tersebut diberikan atas konsistensi daerah mempertahankan kinerja penyelenggaraan perlindungan konsumen yang baik. Bertempat di Ballroom Jakarta Theater digelar Puncak Perayaan Hari Konsumen Nasional Tahun 2021,  Kamis (28/10), Wakil Gubernur H Muhidin mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menerima penghargaan di bidang pelayanan perlindungan konsumen.

Mengusung Tema “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju” dan Sub Tema “Konsumen Berdaya,Pulihkan Ekonomi Bangsa”, Kalsel monorehkan sejarah sebagai salah satu dari enam daerah yang berkomitmen kuat di bidang perlindungan konsumen. Melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag RI pada Puncak Perayaan Hari Konsumen Nasional 2021 diberikan penghargaan kepada enam Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen (PDPPPK) Tahun 2020, yakni Kalisel, Maluku, Papua Barat, Provinsi Kalimantan Timur,  Provinsi Jambi, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penghargaan Daerah Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen yang diberikan kepada enam Gubernur dan penghargaan Daerah Tertib Ukur kepada enam Bupati dan Walikota. Mendag berharap capaian tersebut  dapat menginspirasi daerah-daerah lain, sehingga seluruh wilayah Indonesia nantinya adalah wilayah yang peduli pada perlindungan konsumen.

Tujuan utama perlindungan konsumen adalah meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemandirian konsumen dalam melindungi diri. Selain itu, juga untuk menumbuhkan perilaku tanggung jawab dari para pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan berusaha.

“Konsumsi Indonesia memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Pada quartal II 2021 konsumsi tumbuh 5,9 persen. Hal ini membuktikan konsumen sudah memiliki daya beli dan mempercayai perekonomian Indonesia,” jelas Mendag Lutfi.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin mengungkapkan syukur dan terima kasih atas kepercayaan pemerintah yang dalam beberapa bulan terakhir mengapresiasi kinerja pemerintahan dinakhodai Paman Birin. Menurut Wagub Muhidin, semua prestasi yang diraih adalah berkat kerja keolektif dan partisipasi segenap komponen masyarakat.

"Semua sektor peran aktif dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan hingga Kalsel bisa kembali meraih penghargaan nasional," ucapnya.

Terkait upaya meningkatkan perlindungan konsumen, pria yang juga pernah menjabat Walikota Banjarmasin dan anggota legislatif Provinsi Kalsel ini mengatakan  salah satu langkah penting mewujudkan perlindungan konsumen Indonesia dan Kalsel adalah memelihara semangat kolaborasi dan kepedulian. “Ini tanggung jawab kita bersama. semua harus saling bersinergi," tutur Muhidin.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler