Meta Facebook Larang Iklan Sensitif Politik dan Ras
Facebook dengan Metaverse-nya ingin mencitrakan diri lebih positif
Perusahaan induk Facebook tidak akan lagi mengizinkan pengiklan untuk menargetkan orang berdasarkan topik sensitif, termasuk politik, ras, dan orientasi seksual.
Raksasa teknologi - yang baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta - mengatakan telah membuat "keputusan sulit" untuk mencegah pengiklan "menyalahgunakan opsi penargetan yang kami sediakan".
Meta VP Graham Mudd mengatakan dalam sebuah blogpost bahwa platform tersebut akan menghapus "opsi penargetan terperinci yang terkait dengan topik yang mungkin dianggap sensitif oleh orang-orang" mulai 19 Januari 2022.
Ini termasuk: penyebab kesehatan, orientasi seksual, praktik dan kelompok keagamaan, dan keyakinan politik, masalah sosial, penyebab, organisasi, dan tokoh.
Pengiklan tetap dapat menargetkan iklan berdasarkan topik "tidak sensitif", seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi.
Namun, Mudd mengakui perubahan itu akan menyebabkan kesulitan bagi beberapa pengiklan, seperti usaha kecil atau kelompok advokasi karena mereka tidak lagi dapat menargetkan iklan untuk tujuan seperti pernikahan sesama jenis, Hari Diabetes Sedunia, atau hari libur Yahudi.
Dia menulis: "Beberapa mitra periklanan kami telah menyatakan keprihatinan tentang opsi penargetan ini akan hilang karena kemampuan mereka untuk membantu menghasilkan perubahan sosial yang positif, sementara yang lain memahami keputusan untuk menghapusnya.
"Awal tahun depan, kami akan memberi orang kontrol lebih banyak jenis konten iklan, termasuk perjudian dan penurunan berat badan, antara lain."
Meskipun opsi penargetan telah populer di kalangan pengiklan, mereka juga mendapat kecaman.
Pada 2019, kami menemukan ratusan iklan politik bermuatan tinggi telah ditampilkan kepada remaja di Facebook dan Instagram.