Ditonton 1,65 M Jam, Squid Game Cetak Rekor Netflix
Squid Game menjadi acara Netflix paling banyak ditonton.
REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Serial sensasional Korea Selatan Squid Game telah membukukan total 1,65 miliar jam streaming dalam empat pekan pertama perilisannya. Dilansir Yonhap pada Rabu (17/11), total waktu itu menjadikannya konten Netflix yang paling banyak ditonton sepanjang masa.
Pada Selasa (16/11), Netflix merilis daftar 10 film dan acara TV teratas global berdasarkan jam tayang masing-masing dalam 28 hari pertama di platformnya. Drama Korea Squid Game menduduki puncak daftar acara TV populer non-Inggris dengan total ditonton 1,65 miliar jam selama empat pekan pertama setelah pemutaran perdana pada 17 September lalu. Ini setara dengan total 188.400 tahun.
Sebelumnya, Netflix mengatakan sekitar 142 juta rumah tangga telah menonton serial distopia tersebut selama periode yang disebutkan itu. Total jam tayangnya jauh melebihi jumlah hit Netflix lainnya, termasuk drama romansa periode Bridgerton Musim 1, yang menempatkannya di No. 1 di tabel acara TV populer berbahasa Inggris dengan total 625 juta jam menonton.
Drama kriminal Spanyol Money Heist: Part 4 menempati urutan kedua dalam peringkat acara TV non-Inggris dengan menghasilkan 619 juta jam penayangan. Di sisi film untuk judul bahasa Inggris dan non-Inggris, film thriller horor Amerika Bird Box (2018) dan horor aksi Inggris-Jerman Blood Red Sky (2021) menempati peringkat pertama dengan 282 juta jam dan 110,5 juta jam masing-masing.
Sementara itu, Netflix juga meluncurkan daftar konten yang paling banyak ditonton setiap pekannya. Selama sepekan dari 8-14 November 2021, sebanyak empat serial buatan Korea masuk 10 besar daftar acara TV non-Inggris populer, yang dipimpin oleh Squid Game dengan 42,7 juta jam tayang.
Romansa sejarah The King's Affection berada di urutan kedua dengan 14,1 juta jam. Komedi romantis Hometown Cha-Cha-Cha berada di urutan ketiga dengan 13,8 juta jam. K-drama thriller kriminal My Name ditonton selama 10,8 juta jam selama periode satu pekan untuk menempati posisi kelima.
Ini adalah pertama kalinya Netflix merilis peringkat acara baru sepanjang masa berdasarkan jam menonton agregat. Sebelumnya, perusahaan kadang-kadang melaporkan jumlah rumah tangga yang mengalirkan judul tertentu setidaknya selama dua menit.