Ekosistem Mobil Listrik Terus Tumbuh

Keberadaan mobil listrik di Indonesia makin menjamur.

Mgrol101
Ilustrasi Mobil Listrik. Keberadaan mobil listrik di Indonesia makin menjamur.
Rep: Eric Iskandarsjah Z Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan mobil listrik di Indonesia makin menjamur. Tak heran, sejumlah pabrikan pun terus bersiap untuk meramaikan pasar electric vehicle (EV) baik itu dalam format kendaraan hibrida maupun battery electric vehicle (BEV).

Salah satu pabrikan yang tertarik untuk terjun dalam pasar EV adalah MG (Morris Garage). Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin mengatakan, komitmen itu terlihat dari hadirnya MG 5 EV dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

"April lalu kami telah memperkenalkan ZS EV. Kini, lewat GIIAS, kami kembali memperkenalkan EV yang disebut dengan MG 5 EV yang hadir sebagai EV station wagon pertama di dunia," kata Arief dalam talkshow yang digelar MG bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang digelar di BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.

Dengan pengenalan produk ini, maka MG sekaligus ingin menyampaikan pesan bahwa MG telah melakukan pengembangan produk yang canggih dan ramah lingkungan dan siap untuk meramaikan pasar EV di Indonesia.

Saat ini, MG masih terus melakukan kajian dan persiapan untuk menghadirkan produk ini di Indonesia. Sehingga, setiap produk yang dihadirkan bisa selalu sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasar.

Selain MG, Lexus juga kembali meramaikan pasar kendaraan elektrifikasi lewat The New Lexus ES 300h yang diluncurkan dalam GIIAS 2021. General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma mengatakan, produk yang menerapkan teknologi self-charging hybrid ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesional dan kegiatan bisnis customer yang dikemas dengan desain modern dan kenyamanan khas Lexus.

"Mobil ini dibekali Lexus Hybrid Drive generasi keempat yang menerapkan teknologi self-charging hybrid yang dapat menghasilkan jarak tempuh yang lebih jauh namun tetap efisien,” ucap Bansar Maduma dalam exclusive media preview The New Lexus ES 300h yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca Juga


Dalam penyegaran ini, The New Lexus ES 300h hadir dengan ukuran baterai yang lebih kecil sehingga membuat bobot kendaraan jadi lebih ringan. Meski demikian, The New Lexus ES 300h diklaim mampu tetap mempertahankan efisiensi dan performanya.

Kedepannya, lanjut dia, Lexus juga akan terus memperluas jangkauan Lexus Exclusive Charging Network sebagai upaya Lexus Indonesia untuk memberikan amazing electrified ownership experience sekaligus untuk mengantisipasi produk-produk Lexus Electrified yang akan datang.

Sementara itu, Suzuki juga melihat Indonesia memiliki potensi pada pasar kendaraan ramah lingkungan. Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor, Mahardian Ismadi Brata mengatakan, Suzuki pun saat ini terus melakukan pengembangan green technology yang menjadi jembatan bagi Suzuki dalam melangkah menuju teknologi elektrifikasi di masa depan.

Pengembangan green technology meliputi pengembangan platform HEARTECT dan SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Keduanya merupakan terapan yang paling tepat guna dan terjangkau untuk konsumen, sekaligus menjadi transisi teknologi secara bertahap sebelum beralih ke fase elektrifikasi secara penuh.

“Kami menghadirkan sistem SHVS melalui riset panjang yang sesuai dengan kebutuhan dan output yang diinginkan masyarakat. Kami sangat berharap melalui riset-riset berikutnya sistem SHVS ini dapat diterapkan untuk kendaraan-kendaraan Suzuki, khususnya yang ada di Indonesia, sebagai komitmen kami memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen Suzuki,” kata Mahardian dalam diskusi media yang digelar Suzuki dalam GIIAS 2021.

Saat ini, SHVS dibangun dengan kombinasi perangkat ISG atau Integrated Starter Generator serta Lithium-Ion Battery. Kombinasi kedua perangkat ini membuat pengalaman berkendara menjadi jauh lebih baik, kinerja bahan bakar yang efisien, ringan, dan compact sehingga sistem SHVS atau mild hybrid ini ideal untuk compact car.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler