Omnichannel Retail Indonesia Luncurkan Toko Online Sistersel

Omnichannel sebelumnya ubah toko offline Brun Brun menjadi Sistersel

istimewa
PT Omnichannel Retail Indonesia, perusahaan pemilik brand ikonik Indonesia Sophie Martin dan Brunbrun Paris, meluncurkan Sistersel, toko dengan konsep multi-brand yang menjual produk-produk fashion & beauty dengan harga terjangkau.
Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Omnichannel Retail Indonesia, perusahaan pemilik brand ikonik Indonesia Sophie Martin dan Brunbrun Paris, meluncurkan Sistersel, toko dengan konsep multi-brand yang menjual produk-produk fashion & beauty dengan harga terjangkau. 


Sebelumnya, Sistersel merupakan platform e-commerce yang diluncurkan pada akhir tahun 2020, dan mendapatkan sambutan hangat dari konsumen sehingga perusahaan memutuskan untuk mengambil langkah agresif memperluas jangkauan Sistersel dengan mentransformasi semua gerai Brunbrun Paris menjadi toko offline Sistersel.

Toko Sistersel akan menjadi multi brand store terbesar di Indonesia yang menawarkan produk fashion dan beauty. Pembukaan toko pertama Sistersel yang berlokasi di Kota Kasablanka lantai 2 unit 215 merupakan langkah pertama dari visi perusahaan untuk menciptakan ekosistem online to offline (O2O) commerce yang memberikan seamless customer experience.

Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia. Katadata Insight Center melaporkan 17,5 persen dari konsumen Indonesia kini beralih menjadi pelanggan e-commerce. Bank Indonesia melaporkan peningkatan transaksi belanja online sebesar 63,4 persen menjadi Rp 186,7 triliun dan diproyeksikan akan terus naik pada 2022.

CEO Omnichannel Retail Indonesia Bruno Hasson mengatakan, peluncuran toko offline Sistersel menjadi babak baru untuk industri retail di Indonesia. Sistersel akan menjadi multi-brand store terbesar di Indonesia yang menawarkan produk fashion dan beauty termasuk brand yang sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia; Sophie Paris dan Brunbrun Paris.

 

Langkah bisnis ini terlihat cukup berbeda di saat belanja e-commerce sedang diminati namun kami malah membuka gerai fisik Sistersel. Strategi ini diambil karena kami yakin bahwa meskipun tren belanja online meningkat, masyarakat masih membutuhkan pengalaman offline - sejalan dengan strategi bisnis kami menciptakan online to offline (O2O) commerce yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghilangkan batasan antara online dan offline.

Sistersel juga akan hadir di kota kota kecil yang kebiasaan belanja online nya tidak setinggi di kota-kota besar. Pada akhirnya kami memiliki berbagai channel untuk mendongkrak penjualan Sistersel, sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan kami.”

Sebelumnya, Sistersel online webstore telah terlebih dulu diluncurkan pada tanggal 1 September 2020 untuk menjawab permintaan pelanggan dan distributor Sophie Martin sekaligus mendekatkan produk-produk Brunbrun Paris ke pelanggan di penjuru Indonesia. Hingga kini, platform online Sistersel telah memiliki lebih dari 100.000 anggota, dan melayani hingga 500.000 transaksi per bulannya.

Pengunjung toko daring ini juga mencapai satu juta orang per bulan, menunjukkan minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap produk-produk Omnichannel Retail Indonesia yang berkualitas, dengan sentuhan chic ala Perancis yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Seiring dengan terkendalinya situasi pandemi dan melonggarnya PPKM, Badan Pusat Statistik melaporkan peningkatan mobilitas di tempat perdagangan ritel dan rekreasi sebanyak 4,4 persen pada Oktober 2021. Mobilitas ini bahkan lebih ramai dibandingkan dengan kondisi normal sebelum pandemi (Januari-Februari 2020). 

Angka penjualan retail pada Oktober 2021 juga kembali mengalami pertumbuhan sebesar 1,8% pada Indeks Penjualan Riil (IPR), setelah menurun tajam pada bulan-bulan sebelumnya, menunjukkan kondisi retail yang kembali kondusif dan menjanjikan.

Melihat data-data tersebut, Omnichannel Retail Indonesia memutuskan untuk mengambil langkah strategis dengan meluncurkan toko fisik Sistersel dengan mengubah seluruh gerai Brunbrun Paris yang berjumlah 50 menjadi Sistersel, mengusung konsep multi-brand khusus produk-produk fashion, make-up, dan skincare dari brand terkemuka seperti Sophie Martin, Brunbrun Paris, Everwhite, Whitelab, Holika Holika, dan masih banyak lagi.

 

Sistersel siap menjadi toko multi-brand dengan konsep O2O commerce yang terbesar di Indonesia dengan jangkauan luas di seluruh penjuru nusantara yang bernuansa Perancis yang chic dan modern. Sampai akhir kuartal I/2022, Omnichannel Retail Indonesia akan mentransformasi 50 gerai Brunbrun Paris menjadi Sistersel, dan dilanjutkan dengan rencana pembukaan 160 toko baru di seluruh Indonesia, siap menyapa pelanggannya yang berlokasi tak hanya di kota-kota besar, tetapi juga kota-kota lainnya, seperti Pematang Siantar, Pamekasan, dan Manokwari. Selain itu, untuk lebih memperluas lagi jangkauan Sistersel, perusahaan juga membuka peluang franchise untuk kota-kota di Indonesia yang belum memiliki gerai Sistersel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler