Siapkan Platform e-Commerce, Artomoro Ingin Bantu UMKM Pasarkan Produk

Artomoro ingin membantu UMKM dengan memberikan kemudahan dalam memasarkan produk.

istimewa
Artomoro ingin membantu UMKM dengan memberikan kemudahan dalam memasarkan produk,
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Kecanggihan teknologi dan perkembangan infrastruktur internet bukan hanya mempermudah komunikasi, tetapi juga membuka lahan baru untuk berdagang melalui e-commerce bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Baca Juga


Beragam layanan lapak dan toko online bermunculan dan semakin membesar bahkan ketika pandemi menerpa, sekaligus membawa masalah baru bagi pelaku UMKM.

Persaingan untuk bisa menawarkan dagangan ke mata calon pembeli, kemudahan bertransaksi, keamanan, pengiriman barang, bahkan sampai beban biaya transaksi harus ditanggung oleh pihak penjual.

Melihat kesulitan yang dialami oleh pelaku UMKM ketika berdagang secara digital tersebut membuat Artomoro Commerce terdorong untuk membuat platform e-commerce yang mudah digunakan, aman, dan menguntungkan bagi pedagang.

CEO dari Artomoro, Indriani mengatakan, Artomoro ingin membantu UMKM dengan memberikan kemudahan dalam memasarkan produk, sehingga dapat memberikan keuntungan lebih maksimal.

"Sejak dulu saya punya mimpi, untuk membuat sesuatu yang bisa bermanfaat buat orang banyak, terutama di rakyat menengah ke bawah,” kata dia dalam siaran persnya, Selasa (25/1/2022).

 

 

Dari mimpi tersebutlah tunas dari Artomoro Commerce tumbuh, dan memberikan ruang bagi UMKM untuk mengembangkan sayapnya di persaingan bisnis yang keras saat ini.

Sebelum launching Artomoro Commerce sendiri, Indriani beserta tim telah mengadakan roadshow ke beragam daerah, terutama Jawa Tengah, untuk lebih mengenalkan produk ini.

"Setelah roadshow tersebut, hati saya makin mantap kalau Artomoro ini akan sangat berguna. Karena saya yakin, ini semua jalan yang Tuhan berikan atas semua jawaban dari doa-doa saya," tegas Indriani.

Berdasarkan prinsip tersebut, Artomoro siap membangun kemitraan yang terpercaya dengan pelaku UMKM, dan berkembang besar bersama di era globalisasi digital yang penuh persaingan ini.

Tidak seperti lapak online lain yang menggunakan aplikasi sendiri, Artomoro menggunakan aplikasi semilyar umat, WhatsApp, untuk menjajakan produk dari pedagang. Keuntungan dari penggunaan WhatsApp tentu saja kemudahan dan keamanannya, karena aplikasi satu ini selalu ada di smartphone siapapun.

"Jadi pedagang yang berjualan di Artomoro tidak perlu khawatir akan jangkauan penjualan lapaknya, tinggal daftarkan produk dan siap mendulang untung,"kata dia.

Chat Commerce

Kemudahan Artomoro untuk digunakan oleh pedagang dan pembeli terlihat jelas begitu membuka WhatsApp, yaitu cukup ketik saja apa yang dicari. Artomoro menggunakan Chat Commerce; artinya pembeli tinggal mengetik apa yang dicarinya di WhatsApp Artomoro layaknya chatting, dan daftar produk lengkap akan muncul di sana.

Bukan hanya teks saja, pedagang juga bisa menyertakan foto atau video ke dalam daftar produk yang dijual.  Setelah pembeli memilih produk yang ingin dibelinya, metode pembayarannya akan berlangsung secara elektronik melalui kode QRIS dan dibayarkan melalui pembayaran cashless seperti Linkaja, OVO, BCA, Mandiri dll.

Menariknya lagi, kata Indriani, pedagang sama sekali tidak dibebani biaya tambahan sama sekali, sehingga produk tidak perlu ditambahkan harganya dan bisa lebih bersaing dengan lapak online lain.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler