Berikut Bahan-Bahan Epoxy lantai dan Bagaimana Cara Pengaplikasiannya

Epoksi merupakan material pelapis lantai yang terbuat dari bahan campuran resin dan bahan pengeras (poliamina).

.
Rep: Adi Firman Nurdiansah Red: Retizen

Epoksi merupakan material pelapis lantai yang terbuat dari bahan campuran resin dan bahan pengeras (poliamina). Ketika dicampur, bahan tersebut akan menimbulkan reaksi kimia dan menjadi sebuah bahan plastik yang kaku.


Kebanyakan resin epoxy diproduksi dari reaksi antara epichlorohydrin dan bisphenol-A. Percobaan komersial pertama untuk menyiapkan resin dari epichlorohydrin terjadi pada 1927 di Amerika Serikat.

Ini adalah bau rendah, 100% padatan, sistem pelapis resin epoksi yang terutama dirancang untuk pelapis bangunan tinggi, kuarsa dekoratif, dan aplikasi serpihan dekoratif. Ini dapat digunakan sebagai primer dan dapat diaplikasikan bening atau berpigmen menggunakan Epoxy Color Additive-N.

Ini sangat ideal sebagai lapisan atas yang jernih dan tidak berbau, atau lapisan perantara di atas sistem siaran lantai kuarsa dekoratif atau vinil. Itu juga bisa berpigmen lapangan.

Bahannya yang bening dan/atau berpigmen juga dapat dilapisi dengan urethane alifatik jika diperlukan peningkatan ketahanan kimia dan abrasi. Ketika digunakan sebagai primer, dapat dipertimbangkan di mana 4% kadar air massa (pbw – bagian berat) diukur pada substrat beton dengan pengukur kelembaban beton.

Aplikasi umum mungkin termasuk:

1). Dealer mobil

2). Institusi

3). Toko kelontong, departemen dan toko ritel

4). Laboratorium farmasi, ruang produksi dan kantor.

5). Museum dan galeri.

6). Penampungan hewan dan klinik hewan.

7). Laboratorium, kamar mandi/area pancuran

Keuntungan

1). Ketahanan kimia yang baik

2).100% padatan seperti yang disediakan

3). Menarik, gloss tinggi, lapisan reflektif

4). Permukaan yang keras, halus, tidak berpori mudah dibersihkan

5). Tahan lama, kedap air, dan mulus

6). Mudah diaplikasikan dengan kuas, roller atau squeegee

7). Ketahanan abrasi yang baik

8). Basis teluk dan tepi jalan integral opsional dapat dipasang tanpa sambungan dan sambungan

9). Resistensi dampak yang sangat baik

10). Kemampuan desain tanpa batas tersedia dalam berbagai tekstur, pola, dan warna

Cara menggunakan Persiapan Permukaan

Permukaan harus bersih, sehat dan kering. Menghilangkan debu, laitance, gemuk, senyawa pengawet, impregnasi penghambat ikatan, lilin, dan kontaminan lainnya. Semua proyeksi, bintik kasar, dll. harus dihilangkan untuk mencapai permukaan yang rata sebelum aplikasi.

Beton – Harus dibersihkan dan disiapkan untuk mencapai permukaan bertekstur terbuka yang bebas laitance dan bebas kontaminan dengan peledakan tembakan atau cara mekanis yang setara (CSP-3 hingga CSP-4 sesuai pedoman ICRI). Sapu dan sedot kotoran dan debu yang tersisa dengan penyedot debu basah/kering.

Menghilangkan sisa debu akan membantu memastikan ikatan yang kuat antara primer/pelapis dan substrat. Setiap kali "shot-blasting" digunakan, berhati-hatilah untuk meninggalkan beton dengan tekstur yang seragam. “Over-blasting” akan menghasilkan penurunan tingkat cakupan primer dan/atau lapisan atas berikutnya.

Pola "shotblast" dapat terlihat melalui lapisan terakhir, yang dikenal sebagai "tracking". Kuat tekan substrat beton harus minimal 3.500 psi (24 MPa) pada 28 hari dan setidaknya 215 psi (1,5 MPa) dalam tegangan pada saat aplikasi.

Percampuran

Rasio Pencampuran – 2 : 1 berdasarkan volume.

Setiap komponen harus dicampur terlebih dahulu secara terpisah untuk memastikan keseragaman produk

Clear Resin: Campurkan setiap komponen secara terpisah.

Kosongkan Komponen B (Pengeras) dalam rasio campuran yang benar ke dalam Komponen A (Resin). Campur komponen gabungan selama minimal 3 menit dan sampai seragam menggunakan bor kecepatan rendah (300 – 450 rpm) dan dayung jenis Exomixer atau Jiffy yang disesuaikan dengan volume wadah pencampuran untuk meminimalkan udara yang terperangkap.

Hati-hati jangan sampai ada gelembung udara saat pencampuran. Pastikan isinya benar-benar tercampur untuk menghindari noda yang lemah atau sebagian sembuh pada lapisan. Selama operasi pencampuran, kikis sisi dan bagian bawah wadah dengan sekop datar atau lurus setidaknya sekali untuk memastikan pencampuran yang sempurna.

Bidang Berpigmen

Premix setiap komponen secara terpisah. Jika warna diinginkan, Aditif Warna Epoksi-N yang sesuai ditambahkan ke Komponen A dengan kecepatan 1 liter (1L) per 5 galon campuran (18,9 L) [Komponen A+B)] untuk semua warna kecuali warna seperti Putih, Safety Yellow atau Tile Red yang membutuhkan 2 liter (2 L) per 5 galon campuran (18,9 L) [Komponen A+B].

Campur Komponen A dan Aditif Warna-N selama 2 menit dan hingga warna seragam diperoleh dengan bor kecepatan rendah (300 – 450 rpm) dan dayung jenis Exomixer atau Jiffy yang disesuaikan dengan volume. Kosongkan Komponen B (Pengeras) dalam rasio campuran yang benar dengan Komponen A (Resin) dan campur selama 2 menit tambahan. Berhati-hatilah untuk tidak memasukkan udara apa pun saat pencampuran.

Pastikan isinya benar-benar tercampur untuk menghindari noda yang lemah atau sebagian sembuh pada lapisan. Selama operasi pencampuran,

Jangan mencampur bahan lebih dari yang dapat diterapkan dalam batas waktu kerja (yaitu Pot Life) pada suhu lapangan yang sebenarnya.

Aplikasi

Sebagai Primer

Oleskan dengan squeegee pada kecepatan 160 – 266 ft2 / US gal (3,9 – 5,4 m2 / L) pada 6 – 10 mils (0,15 – 0,25 mm) ketebalan film basah (wft) dan segera digulung kembali dengan tekanan. Cakupan akan bervariasi tergantung pada porositas dan tekstur lantai yang disiapkan. Produk memiliki masa pakai pot yang terbatas, lihat Data Khas.

Jangan mengaplikasikan dengan mencelupkan roller ke dalam wadah pencampur. Tuang produk bead berupa pita pada permukaan yang akan dilapisi, lalu olesi dengan squeegee dan back-roll.

Pastikan lapisan tersebut bebas pori dan bebas lubang jarum serta memberikan cakupan yang seragam dan lengkap pada seluruh substrat beton. Jika perlu, aplikasikan lapisan tambahan untuk memastikan lapisan bebas pori dan lubang jarum serta memberikan cakupan yang seragam dan lengkap pada seluruh substrat beton.

Sebagai Sealer/Perantara

Hal ini diterapkan dengan squeegee berlekuk 12 sampai 40 mil (0,30 – 1 mm) di atas permukaan yang halus dan squeegee datar di atas kuarsa dekoratif kasar atau permukaan serpihan dekoratif.

Penggulungan kembali biasanya dilakukan dengan penutup rol tahan pelarut dengan lebar 18 inci (455 mm) lebar 3/8 inci (10 mm). Gulingkan kembali hanya untuk meratakan bahan yang digunakan dengan alat pembersih karet.

Penggulungan yang berlebihan dan penggulingan yang terlambat dapat menyebabkan gelembung dan meninggalkan bekas penggulungan.

Catatan tentang Keterbatasan

Sebelum aplikasi, ukur dan konfirmasikan Kandungan Kelembaban Substrat, Kelembaban Relatif Ambien, Suhu Ambient dan Permukaan serta Titik Embun. Selama pemasangan, konfirmasikan dan catat nilai di atas setidaknya sekali setiap 3 jam, atau lebih sering setiap kali kondisi berubah (mis. Temperatur Ambient naik/turun, Kelembaban Relatif naik/turun, dll.).

Konten Kelembaban Substrat

Kadar air substrat beton harus 4% massa (pbw – bagian berat) yang diukur dengan pengukur kadar air beton pada permukaan yang disiapkan secara mekanis sesuai dengan lembar data produk ini (persiapan untuk CSP-3 hingga CSP-4 sesuai pedoman ICRI) . Jangan diterapkan pada substrat beton dengan tingkat kelembaban > 4% massa (pbw – bagian berat) yang diukur dengan meteran kelembaban beton.

Ketika tes kelembaban relatif untuk substrat beton dilakukan untuk persyaratan khusus proyek, nilainya harus 85%.

Pengujian bukanlah pengganti untuk mengukur kadar air substrat. Gunakan pengukur kelembaban beton seperti dijelaskan di atas.

Suhu Bahan

Bahan prasyarat untuk setidaknya 24 jam antara 65 ° hingga 75 ° F (18 ° hingga 24 ° C)

Suhu Sekitar

Minimum/Maksimum 50˚/85˚F (10˚/30˚C)

Suhu Substrat

Minimum/Maksimum 50˚/85˚F (10˚/30˚C). Suhu substrat harus setidaknya 5˚F (3˚C) di atas Titik Embun yang diukur.

Pencampuran dan Aplikasi yang dicoba pada kondisi Material, Ambient dan/atau Suhu Substrat kurang dari 65˚F (18˚C) akan menghasilkan penurunan kemampuan kerja produk dan tingkat penyembuhan yang lebih lambat.

Kelembaban Relatif Ambient

Ambient dan kelembaban maksimum 85% (selama aplikasi dan curing)

Titik Embun

Waspadalah terhadap kondensasi! Substrat harus setidaknya 5˚F (3˚C) di atas Titik Embun untuk mengurangi risiko pengembunan, yang dapat menyebabkan kegagalan adhesi atau "merah pada permukaan lantai". Ketahuilah bahwa suhu media mungkin lebih rendah dari suhu sekitar.

Percampuran

Jangan mencampur bahan dengan tangan. Pencampuran secara mekanis saja. Jangan mengencerkan produk ini.

Penambahan pengencer (misalnya air, pelarut, dll.) akan memperlambat penyembuhan dan mengurangi sifat akhir produk ini. Penggunaan pengencer akan membatalkan garansi yang berlaku.

Prosedur pencampuran yang tidak benar atau rasio pencampuran yang salah dapat menyebabkan bahan epoxy sensitivitas kelembaban, pemutihan, penyembuhan lambat, bintik-bintik lunak, dan cacat lainnya.

Aplikasi

Jika digunakan sebagai primer. Oleskan primer/pelapis ke substrat yang telah disiapkan menggunakan squeegee dan back roll untuk memberikan cakupan yang seragam. Pastikan substrat bebas pori dan bebas lubang jarum serta memberikan cakupan yang seragam dan lengkap di seluruh substrat beton.

Jika perlu, aplikasikan lapisan tambahan untuk memastikan media bebas pori dan lubang jarum serta memberikan cakupan yang seragam dan lengkap di seluruh media.

1). Jangan gunakan saat suhu lingkungan dan substrat meningkat, karena lubang kecil dapat terjadi. Pastikan tidak ada penggerak uap pada saat aplikasi. Dapat digunakan untuk indikasi visual penggerak uap.

2). Jangan mengaplikasikan lebih dari 40 mil dalam satu lapisan.

3). Bahan yang baru diaplikasikan harus dilindungi dari kelembaban, kondensasi dan air setidaknya selama 72 jam.

4). Akan berubah warna seiring waktu saat terkena sinar matahari (UV) dan dalam kondisi pencahayaan buatan tertentu. Penggunaan lapisan atas tahan UV bening mungkin tidak mencegah perubahan warna lapisan di bawahnya.

5). Jangan mengaplikasikannya pada substrat beton yang mengandung agregat yang rentan terhadap ASR (Reaksi Alkali Silika) karena risiko redistribusi alkali alami di bawah produk setelah aplikasi. Jika substrat beton memiliki atau diduga memiliki ASR (Reaksi Alkali Silika), jangan lanjutkan. Konsultasikan dengan profesional desain sebelum digunakan.

6). Setiap agregat yang digunakan dengan sistem harus non-reaktif dan dikeringkan dengan oven.

7). Produk ini tidak dirancang untuk waterproofing sisi negatif.

8). Biasanya tidak direkomendasikan untuk pelat eksterior pada kemiringan di mana kondisi beku/cair mungkin ada

9). Penggunaan pemanas tanpa ventilasi dan sumber panas tertentu dapat menyebabkan kerusakan (mis. pemerah pipi, pemutihan, pelepasan ikatan, dll.).

10). Waspadalah terhadap aliran udara dan perubahan aliran udara. Masuknya debu, serpihan, dan partikel, dll. dapat menyebabkan ketidaksempurnaan permukaan dan cacat lainnya.

11). Untuk penggunaan profesional hanya oleh aplikator berpengalaman.

sumber : https://retizen.id/posts/77108/berikut-bahan-bahan-epoxy-lantai-dan-bagaimana-cara-pengaplikasiannya
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Retizen bermakna Republika Netizen. Retizen adalah wadah bagi pembaca Republika.co.id untuk berkumpul dan berbagi informasi mengenai beragam hal. Republika melakukan seleksi dan berhak menayangkan berbagai kiriman Anda baik dalam dalam bentuk video, tulisan, maupun foto. Video, tulisan, dan foto yang dikirim tidak boleh sesuatu yang hoaks, berita kebohongan, hujatan, ujaran kebencian, pornografi dan pornoaksi, SARA, dan menghina kepercayaan/agama/etnisitas pihak lain. Pertanggungjawaban semua konten yang dikirim sepenuhnya ada pada pengirim. Silakan kirimkan video, tulisan dan foto ke retizen@rol.republika.co.id.
Berita Terpopuler