Ada Ja-Ket Gratis Bagi Pelajar DO, Raih Ijazah Setara Formal, Peluang Kerja di Depan Mata

Program Ja-Ket ini dilakukan secara berkala mulai Paket A, Paket B dan Paket C dengan gratis.

network /udang bago
.
Rep: udang bago Red: Partner
Puluhan warga yang tak bisa meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, tengah mengikuti program 'Ja-Ket' gratis. Program ini merupakan besutan Bupati Indramayu Nina Agustina agar IMP Indramayu semakin terangkat. (Diskominfo Indramayu).

INDRAMAYU -- Sebanyak 24 warga Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu sangat antusias mengikuti ujian Kejar Paket(Ja-Ket) C. Program Ja-Ket ini diselenggarakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Raihan Ramadhanti di Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu.


Antusiasme warga yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena alasan ekonomi itu, terlihat ketika Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja memonitor langsung pelaksanaan ujian yang diikuti 24 orang tersebut.

Ya, Program Ja-Ket ini pun sebagai implementasi program unggulan Bupati Indramayu. Suratno mengatakan, program Ja-Ket di wilayah Kecamatan Sukagumiwang banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Menurutnya, program Ja-Ket ini dilakukan secara berkala mulai Paket A, Paket B dan Paket C dengan gratis.

“Tadi saya meninjau kegiatan kejar paket di PKBM Raihan Ramadhanti Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Tercatat sejumlah 24 peserta mengikuti ujian Kejar Paket C. Ujian ini dilakukan bertahap. Setelah ini akan ada ujian kejar paket B dan paket A,” katanya seperti dikutip dari laman Diskominfo Indramayu, Jumat (25/3/2022).

Dijelaskan Suratno, mereka yang mengikuti ujian paket C ini sebelumnya putus sekolah ketika akan masuk ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Sehingga ketika terdapat Program Ja-Ket masyarakat memanfaatkannya dengan baik untuk memperoleh ijazah setara formal.

“Mereka ini putus sekolah dari jenjang SMA, jadi di SMP mereka lulus tetapi tidak melanjutkan ke jenjang SMA. Alhamdulillah mereka memanfaatkan program Bupati Indramayu Nina Agustina yakni Program Kejar Paket (Ja-Ket) dan mereka antusias dan senang dengan adanya Kejar Paket C ini,” jelasnya.

Suratno mengungkapkan, mereka menyampaikan banyak terimakasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang memberikan kesempatan belajar. Program ini sebelumnya telah dinanti-nantikan masyarakat untuk bisa memperoleh ijazah sebagai syarat mendapatkan pekerjaan.

Suratno berharap, program Ja-Ket yang diimplementasikan di wilayah kerjanya ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Indramayu bidang pendidikan dan berpengaruh terhadap kebutuhan taraf hidup masyarakat Indramayu khususnya Kecamatan Sukagumiwang.

"Kami mengucapkan terima kasih, berkat program Bupati Indramayu bisa mendapat ijazah yang diinginkan untuk kepentingan memperoleh pekerjaan,” tutur seorang peserta yang sumringah mendapatkan ijazah setingkat sekolah menengah atas itu. n Agus Yulianto

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/86377/ada-ja-ket-gratis-bagi-pelajar-do-raih-ijazah-setara-formal-peluang-kerja-di-depan-mata
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler