Twitter Diprediksi Kehilangan 32 Juta Pengguna di Akhir 2024

Pengguna bulanan global diperkirakan turun 3,9 persen pada 2023.

Reuters
Twitter
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 32 juta pengguna Twitter diperkirakan akan meninggalkan platform media sosial tersebut dalam dua tahun ke depan. Sebabnya, mereka “frustasi” oleh masalah teknis dan meningkatnya postingan yang mereka anggap ofensif.

Baca Juga


Perkiraan ini dikeluarkan oleh Insider Intelligence, sebuah agen riset pasar yang telah melacak Twitter yang berbasis di San Francisco sejak 2008. Pengguna bulanan global diperkirakan turun 3,9 persen pada 2023 dan 5,1 persen pada tahun berikutnya. Ini menandai penurunan tahunan pertama dalam jumlah orang yang tertarik dengan Twitter.

“Tidak akan ada satu peristiwa bencana pun yang mengakhiri Twitter,” kata Jasmine Enberg, analis utama Insider Intelligence dalam pernyataan yang menyertai penelitian tersebut, dilansir dari The Register, Rabu (14/12/2022).

Sejak Musk mengambil alih pada Oktober, dia telah memecat CEO, CFO dan kepala penasihat hukum. Ribuan karyawan lainnya juga dipecat termasuk insinyur perangkat lunak, moderator konten, dan banyak lagi. Dia juga mengeluarkan ultimatum kepada karyawan yang tetap bertahan. Alasan Musk tampaknya adalah bahwa Twitter kehilangan 4 juta dolar Amerika Serikat (AS) per hari dan perlu mengurangi biaya overhead.

“Staf kerangka Twitter yang bekerja sepanjang waktu, tidak akan mampu mengatasi infrastruktur platform dan masalah moderasi konten,” tambah Enberg.

Insider Intelligence memperkirakan bahwa Twitter akan melihat sebagian besar pengguna berhenti di AS, turun 8,2 juta pada akhir tahun 2024 menjadi 50,5 juta. Alasannya, platform menjadi “lebih tidak stabil dan kurang menyenangkan”. Di Inggris, 1,6 juta pengguna akan terbagi, menyisakan 12,6 juta pengguna.

Ini agak berbeda dengan proyeksi yang dibuat Musk akhir bulan lalu bahwa Twitter akan memiliki satu miliar pengguna dalam 18 bulan.

Di luar jumlah pengguna, Twitter akan kesulitan meningkatkan pendapatan iklan, kata Insider Intelligence. Agensi telah memangkas proyeksi untuk pertumbuhan iklan pada tahun 2023 dan 2024. Pada Maret diperkirakan terjadi peningkatan dua digit untuk tahun-tahun tersebut.

Sekelompok pengiklan telah menghentikan pengeluaran iklan setelah pernyataan Musk untuk kebebasan berbicara menyebabkan lebih banyak konten kebencian muncul di situs.

Terlepas dari nada penelitiannya, Enberg dari Insider Intelligence mengatakan bahwa ini belum waktunya untuk menulis obituari Twitter.

 “Perkiraan kami mencerminkan kondisi perusahaan yang bergejolak saat ini, ada kemungkinan pengguna akan kembali - jika aplikasi dapat mengetahui moderasi teknologi dan kontennya.”

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler