Warga NU, Catat Ya! Ini Tanggal dan Tempat Acara Puncak Satu Abad NU

Warga Nahdliyyin diimbau meramaikan puncak peringatan satu abad NU

network /Rahmat Fajar
.
Rep: Rahmat Fajar Red: Partner
Ketum PBNU Gus Yahya

Dokumen Republika


NYANTRI--Nahdlatul Ulama usianya akan memasuki satu abad. Usia yang bisa dianggap sudah matang. Kiprahnya untuk agama, kemanusiaan bangsa dan negara sudah tak terhitung.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar resepsi acara puncak satu abad pada Selasa, 7 Februari 2023 tepat pukul 00.00 WIB hingga 8 Februari pukul 00.00 WIB di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Sebelum acara puncak, berbagai kegiatan besar akan digelar di seluruh Indonesia.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menjelaskan berbagai kegiatan jelang acara puncak memperingati satu abad NU digelar sejak Agustus tahun lalu. Seremonial puncak perayaan satu abad NU akan dilakukan pada 7 Februari pukul 07.00 pagi.

Gus Yahya menjelaskan ada sembilan klaster even yang diselenggarakan sejak Agustus menuju perayaan puncak satu abad. Diantara sembilan even tersebut yakni NU Women dan Porseni.

Gus Yahya menambahkan masih ada even besar lainya yang akan digelar jelang acara puncak yakni festival seni tradisi Islam Nusantara pada 9 Januari di Banyuwangi. Kemudian ada Porseni NU pada 15-21 Januari di Surakarta yang akan ditutup dengan jalan sehat bersama.

Pada 6 Februari akan diadakan muktamar internasional fikih peradaban yang pertama di Surabaya dengan mengundang tidak kurang dari 400 ulama di seluruh dunia. Sebelum itu PBNU akan memberikan penghargaan kepada orang-orang yang berjasa dalam perjalanan NU selama satu abad pada 31 Januari di Jakarta.

"Pada waktu menghadap bapak presiden, beliau menyatakan berkenan hadir di tiga even besar," kata Gus Yahya dalam jumpa pers peluncuran Mars Satu Abad NU, di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (6/1).

Ketiga even yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo adalah pada 9 Januari di Banyuwangi. Jokowi juga akan ikut jalan sehat bersama di Surakarta sebagai penutup Porseni NU. Lalu Jokowi akan hadir di acara puncak peringatan satu abad NU di Gelora Delta Sidoarjo yang diperkirakan akan dihadiri oleh jutaan warga NU.

sumber : https://nyantri.republika.co.id/posts/196226/warga-nu-catat-ya-ini-tanggal-dan-tempat-acara-puncak-satu-abad-nu
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler