RSCM dan RSUI Terpilih Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Terbaik di Dunia Versi Brand Finance 2023
RSCM berada di peringkat 36, dan RSUI 101-250.
Kampus—Penghargaan prestisius diterima Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Keduanya terpilih sebagai Rumah Sakit Pendidikan Terbaik di Dunia. Kedua Rumah Sakit Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran UI, masuk dalam World’s Top Academic Health Centres (AMC) versi Brand Finance tahun 2023.
RSCM menempati posisi ke-36, sedangkan RSUI masuk dalam peringkat 101–250. “UI merasa bangga bahwa di usia UI yang ke-73 tahun ini, rumah sakit yang ada di UI diapresiasi di level dunia, masuk dalam global top 250 hospital di dunia. Semoga makin banyak kontribusi yang dapat diberikan UI bagi masyarakat,” kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia, seperti dikutip laman ui.ac.id.
Amelia mengungkapkan, indikator penilaian pemeringkatan ini didasarkan pada kategori perawatan pasien, penelitian, dan pengajaran, serta awareness dan familiarity, baik secara lokal maupun global. Brand Finance melakukan wawancara dengan pemangku kepentingan Pusat Medis Akademik atau Academic Medical Centres (AMC) di seluruh dunia untuk memahami faktor mana yang menentukan pusat medis akademis yang paling kuat.
Tujuan dari pemeringkatan ini adalah memahami secara holistik apa yang membuat pusat medis akademik top dunia menjadi unggul di bidangnya. Brand Finance telah membuat studi yang memungkinkan pemahaman yang transparan dan mendetail tentang persepsi profesional perawatan kesehatan di seluruh dunia, dengan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan target pertumbuhan yang jelas. The Brand Strength Index (BSI) pada pemeringkatan ini meliputi investasi (25%), ekuitas (50%) dan kinerja (25%).
Menurut David Haigh, Chairman & CEO, Brand Finance, dalam rilis yang dikeluarkan, membangun brand yang kuat merupakan tantangan unik bagi Academic Medical Centres karena struktur AMC yang menawarkan perawatan pasien, penelitian medis, dan pendidikan perlu dipertimbangkan oleh berbagai pemangku kepentingan.
“Tahun ini, Brand Finance telah melakukan studi baru tentang kekuatan brand AMC top dunia, serta menggabungkan semua faktor yang mencerminkan pengembangan merek AMC, persepsi pemangku kepentingan utama, dan manfaat yang diberikan brand yang kuat bagi organisasi,” ujarnya.
Ia menambahkan bahwa brand yang kuat sangat penting untuk mengembangkan organisasi yang berkelanjutan dan sukses dengan meyakinkan pasien dan keluarga; menarik dokter yang luar biasa, siswa terbaik, dan staf penelitian terkemuka; serta menghasilkan publikasi penelitian yang bermanfaat.
“Selain itu, reputasi yang baik juga mendorong AMC mendapatkan dukungan dari mitra pemerintah dan perusahaan untuk mengembangkan jaringan yang kuat di seluruh dunia. Di antara AMC top dunia, audiensi pemangku kepentingan meluas karena pengaruhnya menjangkau seluruh dunia, dan penelitiannya relevan dikembangkan secara global,” paparnya.
Baca juga :
Prodi Produksi Media Vokasi UI Kembangkan Mata Kuliah Game
26 Mahasiswa Vokasi UI Lolos IISMAVO 2022, Kuliah di Kampus Top Dunia
UI Peringkat Satu di Indonesia Versi THE Asia University Rankings Juni 2022
Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dan Jawabannya
Ini Pertanyaan yang Kerap Muncul Seputar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Jawabannya
Jadwal Resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Melalui SNBP dan UTBK-SNB
Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com