Diluncurkan Erick, Merchandise Piala Dunia U-20 Andalkan Produk Lokal

Sebanyak 53 jenis merchandise Piala Dunia U-20 siap dijual ke masyarakat.

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan Indonesia siap menggelar Piala Dunia U-20 yang tinggal 73 hari. (ilustrasi).
Rep: Muhammad Nursyamsi Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan Indonesia siap menggelar Piala Dunia U-20 yang tinggal 73 hari. Terpilihnya PT Juara Raga Adidaya (JUARAGA) lewat produknya apparel Juara sebagai pemegang lisensi merchandise resmi untuk Piala Dunia U-20 2023, menurut Erick sebuah terobosan karena produk lokal bisa terlibat di hajatan akbar yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Piala Dunia U-20 tinggal 73 hari lagi, saya rasa ini persiapan tercepat yang pernah saya emban dan juga pak Menpora Zaenuddin Amali. Kita perlu kerja keras bersama, waktu yang mepet bukan alasan tidak bisa. Peluncuran menchandise Juara adalah bagian dari kita untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA yaitu kejuaraaan dunia U-20. Ayo, segera viralkan," ujar Erick yang juga Ketua LOC (Local Organizing Committee) di acara peluncuran menchandise di Atrium Mall FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Dalam acara yang dihadiri Menpora, Zaenuddin Amali, yang juga wakil ketua PSSI, Erick menyatakan masyarakat Indonesia bisa dibilang beruntung bisa menyaksikan langsung Piala Dunia U-20. Ajang yang melibatkan 24 negara ini menjadi pentas yang membuka jalan bagi pemain-pemain belia dunia untuk menjadi superstar pada masa mendatang.

“Banyak bintang dilahirkan di event ini, setelah mereka menjadi juara. Ambil contoh Diego Maradona bersama Argentina di edisi 1978 dan banyak lagi yang lainnya. Artinya apa, turnamen adalah turnamen yang sangat luar biasa untuk kita semua melihat calon-calon bintang sepak bola dunia. Jangan kaget kalau di kejuaraan saat ini nanti banyak juga klub-klub besar mengirimkan talent scouting-nya," ucap pria kelahiran Jakarta tersebut.

Hal yang utama menurut Erick, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 bisa sukses. Indonesia akan dikenang sebagai negara yang sukses sebagai tuan rumah.

“Event ini harus kita dorong agar semua rakyat Indonesia bisa melihat ini sebuah event yang sangat besar. Saya minta dukungan dari Pak Menpora karena waktunya tinggal 73 hari. Tetapi sangat penting bagaimana memang negara hadir di event terbesar ini, tanpa dorongan negara, tanpa dorongan komunitas sepak bola, tanpa kerja sama FIFA saya rasa ini sesuatu yang mustahil. Tetapi Insya Allah ini bisa kita lakukan kalau kita bersatu, mohon dukungan, mohon juga viralkan, mohon juga promosikan bahwa ini kesempatan kita mengibarkan bendera Merah-Putih secara dunia," sambung mantan presiden Inter Milan tersebut.

Apparel lokal, Juara, dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-20 2023. Sebanyak 53 jenis merchandise siap dijual ke masyarakat. Juara yang berada di bawah naungan PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) akan menyediakan beragam suvenir Piala Dunia U-20 2023.  Suvenir yang bakal dijual nantinya adalah T-Shirt, jersey, jaket, topi, sendal, dan sebagainya.

Semua souvenir yang dijual berasal dari 95 persen bahan baku yang dibuat di Indonesia. Juara juga melibatkan UMKM sebagai mitra produksi.

CEO Juara, Mochtar Sarman, mengucapkan terima kasih kepada FIFA yang telah mempercayakan pada pihaknya untuk menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-20 2023. Menurut Mochtar Sarman, suvenir yang tersedia sudah memiliki standar internasional.

"Saya berterima kasih kepada FIFA dan PSSI yang telah memercayakan kami dan menunjuk kami sebagai ofisial merchandise U-20. Lewat produk-produk yang 95 persen diproduksi dalam negeri dengan 53 jenis kategori produk, memiliki desain menarik dan kualitas terbaik," kata Mochtar Sarman.

Baca Juga


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler