Internet, Riwayatmu Dulu

Pada awalnya, internet diciptakan sebagai sebuah proyek militer.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner
Unsplash/Markus Spieske

Salah satu sejarah menarik tentang internet adalah bagaimana internet pertama kali muncul dan berkembang. Pada awalnya, internet diciptakan sebagai sebuah proyek militer di Amerika Serikat (AS) pada 1960-an, yang disebut ARPA (Advanced Research Projects Agency).


Proyek ini bertujuan menciptakan jaringan komputer yang dapat bertahan dalam situasi perang. Pada 1969, ARPA berhasil membuat jaringan komputer pertama yang disebut ARPANET, yang terdiri dari empat universitas di AS.

ARPANET ini menjadi dasar dari perkembangan internet di seluruh dunia. Pada 1989, seorang ilmuwan bernama Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web (WWW) yang merupakan sistem informasi yang terhubung melalui internet.

Ia juga menciptakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTML (Hypertext Markup Language) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi di internet melalui peramban. Setelah itu, internet semakin berkembang dan banyak perusahaan teknologi mulai memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

sumber : https://digitaldonat.republika.co.id/posts/207445/internet-riwayatmu-dulu
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler