6 Kendala yang Bisa Terjadi Saat Ujian UTBK 2023 dan Cara Mengatasinya

Terlambat bangun bisa menjadi bencana saat UTBK.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner
Peserta UTBK 2023 harus mengantisipasi kendala saat ujian UTBK 2023. Ilustrasi. Foto : republika

Kampus—Sobat Kampus masih bersiap-siap untuk mengikuti UTBK 2023 ? Enam kendala berikut bisa saja terjadi pada saat ujian nanti.

Kendala saat UTBK bisa membuyarkan persiapan kita menghadapi UTBK 2023. Agar tidak ujian berjalan lancar yuk kita cari tahu hal-hal yang bisa terjadi saat UTBK 2023 dan cara mengatasinya.

1. Terlambat Bangun

Terlambat bangun bisa menjadi bencana saat UTBK. Apalagi jika Sobat Kampus ikut ujian di sesi pagi. Jadi jangan sampai ini dialami ya.

Agar tidak terlambat bangun, tidurlah lebih cepat dari biasanya. Mintalah anggota keluarga untuk membangunkan sobat. Jika kebetulan tinggal sendiri, jangan lupa pasang alarm untuk mengingatkan.

Baca juga : Ini Tips Lolos UTBK-SNBT 2023 dari Ketua Umum SNPMB 2023

2. Terlambat Sampai di Lokasi Ujian

Panitia UTBK itu disiplin dengan waktu. Sobat harus sudah sampai ke lokasiUTBK satu jam sampai 30 menit sebelum ujian dilaksanakan. Jika terlambat resikonya bisa tidak diperbolehkan ikut ujian lho.

Karena itu Sobat Kampus jangan sampai terlambat. Agar tidak terlambat, lokasi ujian UTBK harus sudah diketahui sebelumnya. Jangan mencari-cari lokasi ujian saat berangkat.

Capai lokasi dengan cara tercepat dan effektif. Berjalan kaki bisa saja dilakukan jika jaraknya dekat dari tempat tinggal. Tapi jangan lakukan jika tak terbiasa. Bisa-bisa nanti kelelahan sampai tempat ujian. Atau badan basah kuyup karena keringat.

Jika menggunakan kendaraan roda empat, pertimbangkan juga soal kemungkinan terjadinya kemacetan. Di lokasi ujian biasanya terjadi anteran dan penumpukan kendaraan pengantar peserta UTBK.

Menggantungkan pada angkutan online juga harus hati-hati. Ada kemungkinan pada hari H sulit mencari kendaraan karena banyaknya peserta yang menggunakan angkutan online.

3. Lapar Ketika Ujian

Ujian dalam kondisi perut lapar ? Hoho.. jangan sampai terjadi ya. Karena itu akan mengganggu konsentrasi sobat saat mengerjakan soal.

Karena itu jangan lupa sarapan bagi yang ikut sesi pagi, dan makan siang bagi yang ikut sesi siang.

Jika sobat tidak terbiasa sarapan, sebaiknya membawa makanan kecil yang dikonsumsi sebelum masuk ke ruang ujian. Jangan lupa membawa minuman juga ya.

Baca juga :

Tips Lolos PTN Idaman Melalui UTBK-SNBT 2023

H-1 Menjelang UTBK-SBMPTN 2022, Apa yang Harus Dilakukan ?

4. Kehilangan Dokumen UTBK

Ada sejumlah dokumen UTBK yang harus dibawa. Ada kartu peserta, tanda pengenal, dan lainnya. Kehilangan dokumen atau tertinggal mungkin dialami. Saat terburu-buru dan panik, apa saja bisa terjadi. Jika Sobat Kampus kehilangan dokumen UTBK, segera melapor ke panitia UTBK di lokasi ujian.

Baca juga : Dokumen yang Harus Dibawa Saat UTBK-SNBT 2023, Jangan Sampai Ketinggalan

5. Cemas Berlebihan

UTBK bukanlah ujian biasa. Materi yang diujikan bukan materi sekolah. Suasana ujian juga berbeda, di tempat asing dengan orang-orang yang sebagian besar tidak dikenal. Dalam kondisi demikian mungkin sobat akan merasa cemas berlebihan.

Tapi kecemasan justeru akan membuyarkan persiapan yang sudah Sobat Kampus lakukan. Bisa-bisa materi yang sudah dipelajari menjadi lupa.

Jangan biarkan perasaan cemas itu semakin memuncak. Rileks saja. Tutup mata sebentar, bayangkan sobat sedang berada di tempat yang paling sobat sukai dan menghadapi soal yang paling sobat inginkan.

Berdoalah kepada yang Maha Kuasa agar sobat diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal-soal UTBK.

Baca juga : Ini Tips Lulus UTBK-SNBT dari Psikolog Unpad, Dari Cara Belajar Sampai Mengatasi Kecemasan

6. Bingung Menjawab Soal

Sobat Kampus mungkin tidak bisa menjawab semua soal yang diujikan saat UTBK. Jangan terlalu risau. Jawab saja semua soal yang diberikan. Dalam UTBK tidak ada pengurangan nilai. Jadi jika jawaban sobat salah, tidak ada resiko.

Baca juga : Ada Tiga Gaya Belajar, Kamu Lebih Cocok yang Mana ?

Tinggalkan dulu soal-soal yang benar-benar tidak dimengerti. Jangan memaksa menghabiskan waktu mengerjakan soal yang benar-benar tidak paham. Saat menjelang akhir waktu, kembalilah ke soal yang tidak dimengerti tadi, dan tebaklah jawabannya.

Tapi menebak jawaban ini juga jangan asal-asalan ya. Sebaiknya sobat singkirkan dulu jawaban yang paling tidak mungkin, baru memilih sisanya.

Tentu kita berharap enam hal ini terjadi pada Sobat Kampus pada saat UTBK 2023. Semoga tidak ada kendala. Dan jika ada kendala kan sudah ada tips bagaimana mengatasinya. Semoga sukses ya.


Berita terkait :

Ini Perubahan Jadwal UTBK-SNBT 2023 Resmi dari Panitia SNPMB

10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasan Soalnya

12 Tips Memilih Jurusan di SNBT 2023, Agar tak Menyesal Kemudian

Cek Peminat dan Daya Tampung Prodi Kedokteran di 25 PTN Luar Jawa, Referensi untuk SNBT 2023

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Lakukan Enam Langkah Ini Agar Sukses di UTBK-SBMPTN 2022

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

sumber : https://kampus.republika.co.id/posts/215270/6-kendala-yang-bisa-terjadi-saat-ujian-utbk-2023-dan-cara-mengatasinya
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler