Kolaborasi untuk Demokratisasi Asuransi Kendaraan

Rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih di angka 87 dari 1.000

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner
Unsplash/Michael Jin

Pada 2021, BPS memperkirakan terdapat 16,4 juta mobil dan 120 juta sepeda motor di Indonesia. Angka ini menunjukkan peningkatan sekitar tujuh persen dari tahun 2020.


Sementara itu, menurut Menteri Perindustrian, rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih di angka 87 dari 1.000, sehingga potensi peningkatan masih cenderung tinggi. Sejalan dengan misi mendemokratisasi asuransi, Tap Insure melalui produk terbarunya Tap Auto meluncurkan kolaborasi dengan bengkel-bengkel rekanan yang tersebar di Indonesia.

Tap Auto merupakan asuransi perlindungan kendaraan roda dua dan roda empat yang menawarkan kenyamanan ekstra ‘anti ribet’ baik bagi pihak bengkel maupun konsumen dengan proses yang serba digital. Kolaborasi ini menargetkan dapat menerbitkan lebih dari 4.000 polis kendaraan bermotor di akhir tahun ini.

Kenyamanan yang dimaksud adalah pemegang polis Tap Auto bisa mendapatkan polis digital dalam waktu satu hari kerja, survei kendaraan secara virtual dan proses penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK) kurang dari tiga jam setelah laporan klaim disetujui, serta proses pembayaran ke bengkel yang lebih cepat. Peluncuran Tap Auto merupakan salah satu upaya Tap Insure untuk terus memperluas portofolio produk asuransi yang ditawarkan.

Di 2022, Tap Insure telah mendapatkan lisensi sebagai perusahaan asuransi umum yang diizinkan untuk menciptakan beragam produk asuransi yang bisa melindungi berbagai kegiatan sehari-hari masyarakat luas. “Kami antusias dengan kolaborasi dengan seluruh bengkel rekanan, dan kami yakin bahwa ke depan kita dapat maju dan mengembangkan bisnis bersama-sama melalui produk Tap Auto," ujar kata Cleosent Randing, Direktur Operasional dan Marketing Tap Insure, di Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, Tap Auto sengaja dirancang untuk menjadi solusi lengkap asuransi kendaraan di Indonesia. Didukung oleh sistem teknologi kami yang komprehensif, para pemegang polis bisa merasakan pengalaman berasuransi yang menyenangkan alias seamless, mulai dari pembelian produk hingga klaim.

Cleosent menjelaskan, kini konsumen bisa melakukan pembayaran ataupun pengajuan klaim daring secara aman, mudah, dan praktis. "Selain itu, konsumen yang telah membeli polis Tap Auto bisa bebas memilih lokasi bengkel di semua jaringan Tap Auto untuk perbaikan kendaraan mereka,” ia menambahkan.

Premi Tap Auto tersedia dalam dua skema, yakni All Risk (kerugian sebagian dan kerugian total) dan Total Loss Only (pertanggungan kerusakan total). Jangkauan perlindungan ini berlaku untuk semua kendaraan, mencakup semua jenis dan merek.

Harga premi yang perlu dibayar pun mengikuti tarif resmi yang telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Agar memudahkan proses klaim konsumen dan memudahkan layanan bengkel rekanan, Tap Insure juga berkolaborasi dengan Primasis sebagai pihak penyedia platform bernama BengkelNet.

“Kami menyambut baik kolaborasi dengan Tap Insure melalui peluncuran Tap Auto sebagai solusi dalam penyelesaian bagi konsumen kami yang membutuhkan perlindungan kendaraan yang lebih terjangkau biaya preminya dan prosesnya simpel mulai dari pembelian asuransi hingga klaim yang terintegrasi," kata Budi Santoso Asmadi selaku managing director BengkelNet.

Hal ini, lanjut dia, selaras dengan misi Tap Insure dan Primasis untuk memajukan bengkel-bengkel di Indonesia dengan memberikan solusi tepat guna menghadirkan pengalaman klaim yang lebih worry-free dan tanpa ribet bagi konsumen. Untuk bergabung menjadi mitra Tap Auto, syaratnya cukup mudah bagi bengkel hanya dengan melampirkan dokumen resmi seperti profil perusahaan, akta pendirian, dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Prosedur ini diperlukan untuk memastikan bahwa bengkel mitra Tap Auto merupakan bengkel terpercaya yang dapat memberikan pelayanan yang baik bagi para konsumen di Indonesia.

sumber : https://digitaldonat.republika.co.id/posts/231412/kolaborasi-untuk-demokratisasi-asuransi-kendaraan
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler