BYD Ajak Merek Mobil China Bersatu Hancurkan Merek Lama dan Rebut Pasar Mobil Dunia
Waktunya telah tiba bagi merek mobil China menghancurkan merek lama yang melegenda.
REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING - Seruan patriotik oleh pembuat mobil terlaris China, BYD, untuk menyatukan industri dan "menghancurkan legenda lama" pasar global telah menjadi viral, menuai pujian dan teguran dari saingannya.
BYD menggunakan sebuah acara pekan ini untuk menandai tonggak produksi guna merayakan tujuan yang lebih besar: kemunculan China sebagai pembangkit tenaga manufaktur mobil global.
"Saya percaya waktunya telah tiba untuk merek China," kata pendiri dan ketua BYD Wang Chuanfu pada acara tersebut, berdiri di depan gambar logo 12 pembuat mobil besar China.
"Ini adalah kebutuhan emosional bagi 1,4 miliar orang China untuk melihat merek China mendunia."
Panggilan oleh BYD – saingan terdekat Tesla dalam perlombaan penjualan kendaraan listrik global – memicu pujian luas, dan menggarisbawahi bagaimana pembuat mobil China terbelah oleh persaingan di dalam negeri dan mengejar pertumbuhan di luar negeri.
Pembuat mobil China terkunci dalam perang harga yang memar yang dimulai oleh Tesla pada Januari ini dan tidak menunjukkan tanda-tanda pelonggaran. Mereka juga bersaing di pasar global yang sama, di mana mereka menghadapi kewaspadaan konsumen dan terkadang hambatan regulasi.
Pada acaranya pada hari Rabu (9/8/2023), BYD merilis sebuah video yang menandai berdirinya selusin saingan dari FAW Group pembuat mobil milik negara pada tahun 1956 hingga startup EV komersial Xpeng, Nio dan Li Auto dalam dekade terakhir.
Video tersebut menunjukkan cuplikan sejarah, pemandangan luas, dan mobil yang dimuat untuk diekspor. "Cerita kami berbeda satu sama lain tetapi berbagi arah yang sama," kata narator, menambahkan referensi ke pasar luar negeri: "Tidak ada perbedaan antara 'kamu' dan 'aku'."
Itu diakhiri dengan seruan kepada pembuat mobil China untuk "menghancurkan legenda lama dan mencapai merek kelas dunia baru," di bawah slogan, "Chinese Autos".
Realitas persaingan
Video itu menjadi viral di media sosial China. Bahkan eksekutif Nio yang merupakan pesaing BYD di pasar otomotif China memposting catatan penghargaan. "Saya merasa bangga dengan industri otomotif China!" kata William Li, CEO Nio di Weibo. "Kita harus belajar dari kesuksesan BYD."
"Salut untuk BYD!" kata Li Xiang, CEO Li Auto, yang mem-posting ulang video BYD. “Mari berikan acungan jempol kepada setiap peserta di era energi baru!”
Pembuat mobil lain memperingatkan pesan itu dapat meningkatkan risiko peraturan untuk merek China di luar negeri, termasuk di Eropa, di mana ekspor EV China menghadapi pengawasan anti-dumping potensial.
Seorang eksekutif senior China's Great Wall Motor membalas bahwa pembuat mobil China harus merangkul dan itu merupakan "realitas persaingan".
"Pada saat kritis seperti itu, bagaimana para pembuat mobil China bisa bersatu?" Wang Yuanli, Chief Technology Officer Great Wall Motor, memposting di akun media sosial Weibo-nya pada hari Jumat. "Jika kita hanya berbicara tentang kebersamaan tetapi menyimpan kepahitan kita di dalam hati, akan lebih baik jika kita bertengkar terlebih dahulu."
Wang kemudian mengatakan bahwa dia telah mengutip seorang editor senior dari China's Auto Business Review.
Pada bulan Juli, kelompok industri yang mewakili pembuat mobil China mencabut janji untuk menghindari "penetapan harga abnormal" yang ditengahi antara 16 pembuat mobil, termasuk BYD. Asosiasi Manufaktur Mobil China mengakui kesepakatan itu telah melanggar undang-undang antimonopoli China.
Pada bulan Mei, Great Wall mengatakan telah mengajukan laporan kepada regulator China terhadap BYD, mengklaim dua model hybrid terlaris tidak memenuhi standar emisi. BYD menolak klaim tersebut dan mengatakan dapat mengambil tindakan hukum.
BYD telah memperluas keunggulannya di pasar energi baru China, yang mencakup hibrida plug-in dan EV, dengan pangsa 37 persen dalam tujuh bulan pertama, naik dari 29 persen tahun sebelumnya. Dengan angka Itu BYD juga mengungguli merek Volkswagen, pemimpin penjualan lama China, dalam total penjualan.