Keluarga Empat Bocah Tewas di Sebuah Kamar di Jagakarsa Perantau dari Aceh

Empat korban diduga meninggal seusai dikunci di dalam kamar oleh ayahnya sendiri.

Republika/Febrian Fachri
Kondisi rumah lokasi pembunuhan Empat anak berinisial V (6 tahun),S (4 tahun), A (3 tahun) dan A (1 tahun) di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Mereka diduga dibunuh oleh ayah kandungnya sendiri berinisial PD (41 tahun)
Rep: Ali Mansur Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Keluarga empat bocah yang ditemukan tewas di dalam kamar di sebuah rumah di Gang Roman, Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, merupakan perantau dari Aceh. Keempat korban berinisial VA (6 tahun), SA (4 tahun), AA (3 tahun), AK (1 tahun) diduga tewas seusai dikunci di dalam kamar oleh ayahnya sendiri bernama Panca Darmansyah (41 tahun).

Baca Juga


 

“P, asal Aceh. Orang tua tinggal di Aceh,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi, kepada awak media di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Menurut Ade Ary, Panca sendiri merupakan pekerja swasta mengontrak rumah di lokasi kejadian di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Menurut Ade Ary, yang bersangkutan mengontrak di rumah di daerah Jagakarsa tersebut sejak Februari 2023 atau 11 bulan lalu. Hanya saja, Ade belum menjelaskan kronologi kematian keempat anak tersebut.

“Panca mulai ngontrak di TKP (tempat kejadian perkara) sejak bulan Februari 23. Swasta,” kata Ade Ary.

 

 

 

Panca Darmansyah pernah dilaporkan ke Polsek Jagakarsa atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya berinsial D. Namun, Panca belum sempat menghadiri panggilan polisi karena alasan sedang menjaga keempat anaknya. 

"Saat akan melakukan pemeriksaan, Saudara P menyampaikan masih menunggu anak-anaknya karena ibunya masih di RS," kata Ade Ary. 

Ade Ary melanjutkan, saat ini kondisi istrinya masih dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diduga D dirawat di rumah sakit akibat tindak kekerasan yang dilakukan oleh Panca dan pihak kepolisian pun sudah menerima hasil visumnya. Namun, Ady belum membeberkan kronologi peristiwa KDRT tersebut.

Sementara, Panca yang juga diduga melakukan pembunuhan terhadap keempat anaknya tersebut masih dirawat di rumah sakit karena diduga melakukan upaya bunuh diri. Pelaku Panca ditemukan dalam kondisi terluka di kamar mandi.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak empat bocah dilaporkan tewas dalam satu kamar di salah satu rumah kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Keempat anak-anak itu kehilangan nyawanya akibat dikunci oleh Panca di dalam kamar mandi. Kemudian ayah dari empat korban pun berniat mengakhiri hidupnya sendiri.

“Untuk orang tuanya sendiri, orang tuanya yang diduga sebagai pelaku mencoba untuk bunuh diri,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler