Tiga Doa Memohon Anak Saleh dan Salehah

Dua di antaranya bersumber dari Alquran.

Foto : MgRol_92
Ilustrasi Doa
Rep: Fuji E Permana Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada tiga doa untuk memohon diberi anak yang saleh dan salehah. Dua di antaranya bersumber dari Alquran.

Tiga Doa Memohon Anak Saleh dan Salehah

Pertama, doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam, Nabi Zakariya Alaihissalam, dan orang-orang salih lainnya.

Baca Juga



رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hab li minas shalihin

Artinya, "Ya Tuhanku, anugerahilah kami keturunan yang termasuk orang-orang yang saleh."

Doa tersebut sumbernya dari firman Allah SWT.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS Ali Imran Ayat 38)

Kedua...

Kedua, doa yang selalu dipanjatkan Nabi Ibrahim Alaihissalam sejak sebelum menikah, sebagaimana berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina imama

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pandangan mata yang menyejukkan dari para istri dan anak keturunan kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa tersebut sumbernya dari firman Allah SWT.

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Orang-orang yang berkata, “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al-Furqan Ayat 74)

Ketiga...

Ketiga, doa yang dipanjatkan oleh para guru dan ulama dalam rangka memohon anak keturunan yang baik, sebagaimana berikut.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي أَوْلَادِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَاحْفَظْهُمْ وَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Allahumma barik lana fi auladina wa dzurriyyatina wahfadhhum wa la tadlurrahum warzuqna birrahum.

"Ya Allah berkahilah kami di dalam anak-anak dan keturunan kami, jagalah mereka (dari segala kejelekan), jangan Engkau bahayakan mereka, dan berilah kami kebaikan mereka.”

Itulah tiga doa memohon diberikan anak yang saleh dan salehah. Doa-doa semacam ini sangat perlu untuk selalu dipanjatkan oleh setiap orang tua, agar keturunannya menjadi generasi penerus yang salih dan berkualitas secara lahir dan batin, serta menjadi manusia mulia dan memuliakan kedua orang tua di dunia dan akherat kelak. Dilansir dari laman resmi Kemenag.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler