Sekjen PDIP Tuding Tim Pemenangan 08 Berusaha Memecah Kubu Ganjar-Mahfud

Ganjar mengungkap, ada pendukungnya mulai diambil untuk mendukung paslon lain.

Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.
Rep: Nawir Arsyad Akbar Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan empat parpol pengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yaitu PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo, solid menjelang pencoblosan Pilpres 2024. Meski begitu, ia menuding, ada upaya dari tim pemenangan 08 yang berusaha memecah belah pihaknya.

"Kalau empat partai politik sangat solid, meskipun ada pihak-pihak, terutama dari tim pemenangan 08 itu yang mencoba untuk melakukan berbagai skenario untuk membelah, melakukan politik devide impera. Bahkan dengan praktik-praktik politik uang," ujar Hasto di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023) malam WIB.

Hasto tak menyebut siapa yang dimaksud tim pemenangan 08 itu. Namun, calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto memiliki julukan '08' sejak masih berpangkat kapten di satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

"Ini menunjukan adanya kekhawatiran, maka dengan konsolidasi ini semua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk berperilaku sebaliknya. Kita harus simpatik, kita harus banyak senyum, turun ke bawah dengan penuh optimisme," ujar Hasto.

Dalam 45 hari terakhir masa kampanye Pilpres 2024, TPN sudah berkonsolidasi dengan empat partai politik pengusung, simpatisan, dan relawan dalam memenangkan Ganjar-Mahfud. Pihaknya bersama pasangan nomor urut 3 akan terus turun ke rakyat dalam menyampaikan 21 program unggulannya.

"Maka kita kita melakukan konsolidasi akhir tahun menyongsong tahun baru nanti semua makin semangat untuk blusukan sat set dan menyapa seluruh rakyat Indonesia, khususnya wong cilik," ujar Hasto yang menjabat sekretaris TPN Ganjar-Mahfud itu.

Baca Juga


Pendukung diambil satu per satu...

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyinggung adanya godaan yang semakin besar jelang pencoblosan Pilpres 2024. Bahkan, ia mengungkap, adanya pendukungnya yang mulai diambil untuk mendukung pasangan calon lain.

"Temen-temen kita satu per satu diambil, yang mereka tidak punya nyali yang kuat, yang (tidak) tangguh dia sudah minggir ke sana," ujar Ganjar dalam acara '45 Hari Menuju Kemenangan Ganjar-Mahfud' di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu malam WIB.

Meski begitu, Ganjar mengapresiasi solidnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang mengusungnya bersama Mahfud MD. Menurut dia, gerak  menyambut kemenangan kini didukung oleh elemen simpatisan dan relawan di seluruh wilayah Indonesia.

"Inilah kekuatan-kekuatan yang masih kuat, masih tangguh, dan tidak pernah kenal menyerah. Bapak/Ibu, 45 hari lagi tidak terlalu lama, izinkan malam ini saya ada di sini, izinkan pagi hari besok kami akan kembali ke lapangan," ujar Ganjar.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler