Menpora Apresiasi Desain Jersey Timnas yang Berasal dari Produk Lokal

Jersey baru terinspirasi dari kostum timnas saat mengalahkan Jepang pada 1981.

Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (keempat kanan) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kelima kiri), Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Young (kelima kanan) dan Pemilik Brand Erspo Muhammad Sadad (tengah) bersama para pemain saat launching jersey baru Timnas Indonesia di Bengke Space, SCBD, Jakarta, Senin (18/3/2024).
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengapresiasi desain jersey tim nasional Indonesia yang berasal dari produk lokal karya anak muda.

Baca Juga


Jenama Erspo resmi merilis jersey tim nasional Indonesia yang terinspirasi dari kostum timnas Merah Putih saat mengalahkan Jepang, 2-0 di laga persahabatan di Stadion Utama GBK, Senayan, 24 Februari 1981.

"Menurut saya tadi lihat sangat bagus. Kalau dilihat dari dekat, ada semacam motif berupa Garuda dan ini sangat keren dan diambil dari inspirasi jersey tahun 1981 di mana Indonesia menang 2-0 lawan Jepang," kata Kemenpora Dito Ariotedjo seusai peluncuran jersei di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Jersey pertama menggunakan warna dominan merah dengan garis kerah o-neck putih itu terinspirasi dari kostum timnas Indonesia pada tahun 1981 ketika digdaya menundukkan timnas Jepang.

Dalam kaus  berwarna merah tersebut, terdapat motif timbul yang bermakna sebagai dukungan dari suporter dengan mengambil corak yang bermakna tepuk tangan, hentakan kaki, suara teriakan penonton dan dentuman drum.

Pada jersey kedua, didominasi dengan warna putih dengan garis kerah yang juga menggunakan o-neck berwarna merah.

Nuansa retro kian terasa di dua jersey skuad Garuda tersebut dengan memadukan lambang Garuda Pancasila yang dipadukan dengan motif logo timnas pada tahun 1981. Logo tersebut memiliki makna kekuatan dan perlindungan.

Menurut Dito, peluncuran jersey ini menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan sport industri karena menggandeng sejumlah perusahaan-perusahaan lokal dan UMKM.

"Kita lihat hari ini bagaimana PSSI bisa mengambil kesempatan dari potensi sport industri kita. Jadi walaupun peluncuran jersey, Erspo dari Erigo, brand lokal anak muda yang sangat sudah terkenal ... ini kami sangat apresiasi jadi akan memajukan jenama-jenama lokal lagi untuk spektrum olahraga," ujar Dito.

Jersey terbaru ini akan langsung dikenakan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Asia melawan Vietnam, pada 21 Maret mendatang di Stadion Utama GBK, Senayan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler