Relawan Anies 'Sentil' Surya Paloh yang Bertemu Prabowo Saat Proses MK Masih Jalan

Nasdem sebut pertemuan dengan Surya Paloh adalah keinginan Prabowo.

Republiika/Thoudy Badai
Presiden terpilih Prabowo Subianto disambut Ketua Umum Partai Nasden Surya Paloh saat tiba di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024). Prabowo Subianto melakukan silaturahmi dengan Ketua Umum partai Nasdem Surya Paloh usai ditetapkan sebagai Presiden terpilih dalam Pemilu 2024 pada Rabu (20/3) lalu.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertemuan  antara Prabowo Subianto dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mendapat respons dari relawan Anies Baswedan. Menurut seorang relawan Ahmad Jilul Q Farid, sebaiknya Surya Paloh menahan diri dulu sampai proses di Mahkamah Konstitusi nanti benar-benar sudah selesai. 

Baca Juga


"Kan ini ada partai lainnya juga PKS dan PKB yang bergabung di dalam Koalisi Perubahan," ujar alumni Rumah Kepemimpinan itu kepada Republika.co.id, Jumat (22/3/2024). 

Jilul tidak tahu sejauh mana komunikasi yang dibangun di antara partai Koalisi Perubahan. Apakah sudah bubar, ataukah memang masih berlanjut. Namun jika melihat pernyataan-pernyataan sebelumnya, mereka sepakat untuk melanjutkan ke Pilkada termasuk hak angket. "Relawan tidak tahu kapan koalisi akan selesai," ujarnya. 

Namun yang pasti, kata Jilul, adalah wajar jika ada pendukung Anies yang geram dengan langkah diambil oleh Nasdem. Karena kebanyakan pendukung, menurutnya, adalah mereka yang oposan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo. "Saya lihat wajar (kalau marah)," ujarnya. 

Menurut Jilul, sampai saat ini relawan Anies belum dibubarkan. Ada wacana relawan-relawan ini akan berubah menjadi semacam lembaga sosial kemasyarakatan. 

Nasdem merupkan partai pertama yang mengusung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Namun Surya Paloh telah terlebih dahulu mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Kamis (21/3/2024).

Sehari setelah itu, Presiden terpilih Prabowo Subianto bertandang ke Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024) siang. Ia disambut oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan karpet merah. 

 

Pantauan Republika, Prabowo tiba di Nasdem Tower pada sekira pukul 13.36 WIB. Surya Paloh menyambut kedatangannya dengan bersalaman serta berpelukan. 

Sejumlah elite Partai Nasdem juga turut menyambut Prabowo. Diantara elite Partai Nasdem Bendahara Umum (Bendum) Partai Nasdem Ahmad Sahroni, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, dan Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa. Tampak juga Politisi Partai Nasdem Victor Laiskodat. 

Adapun dari pihak Prabowo, ia didampingi diantara oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco. 

Mereka bersama-sama memasuki gedung Nasdem Tower di atas karpet merah yang dibentangkan di acara tersebut. Suasana sambutan Prabowo tampak hangat dengan diiringi musik band. 

Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim mengonfirmasi bahwa Prabowo Subianto bertemu dengan SP pada Jumat (22/3/2024) pukul 13.30 WIB. Hermawi menyebut, pertemuan itu merupakan atas keinginan dari Prabowo Subianto. Capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu, lanjutnya, ingin bertemu dengan SP untuk bersilaturahmi.  "Pak Prabowo yang mau datang silaturahmi, dan akan diterima oleh Pak SP," tuturnya. 

Saat ditanya lebih lanjut mengenai pembahasan yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut mengenai kemungkinan adanya langkah koalisi, Hermawi hanya menekankan pertemuan itu adalah bentuk silaturahmi. "(Agendanya) Silaturahmi," ujarnya tak mengiyakan. Eva Rianti

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler