Rektor Sambut Kembalinya Mahfud MD ke Kampus UII

UII dan MMD Initiative menyelenggarakan seminal nasional bertema demokrasi.

Republiika/Febrianto Adi Saputro
Pakar hukum tata negara Mahfud MD menjadi pembicara di kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
Rep: Febrianto Adi Saputro Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Guru besar hukum tata negara Mahfud MD menyampaikan pidato kunci dalam Seminar Nasional: 'Agama dan Negara dalam Diskursus Keindonesiaan Kontemporer' yang digelar di kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).

Rektor UII, Prof Fathul Wahid menyambut kembalinya Mahfud ke dunia akademisi, khususnya di almamaternya. Dia pun berharap, Prof Mahfud menginspirasi dan memotivasi bagi generasi muda di lingkungan kampus.

Baca: Siswa Polwan Penghafal Alquran Diuji Ustadz Adi Hidayat

"Kami merasa sangat berbahagia dan karenanya mengucapkan selamat datang kembali Prof Mahfud MD di Universitas Islam Indonesia, setelah 24 tahun mengabdi kepada negara dengan beragam peran penting dan strategis, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, karena itu kita bisa katakan Prof Mahfud ini paket lengkap dengan semua pengalaman," kata Fathul dalam sambutannya



Menurut Fathul, salah satu sumbangsih paling diingat dari Mahfud adalah ketika yang bersangkutan memimpin Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh karena itu, ia berharap, kehadiran Mahfud di UII dapat menularkan keberanian kepada mahasiswa untuk membangun bangsa dan negara.

"Beragam pemikiran Prof Mahfud, terutama dalam bidang agama dan negara, masih dibutuhkan oleh publik dan secara khusus publik UII," ucap Fathul.

Baca: Dikunjungi Menlu Singapura, SBY Hadiahi Sang Tamu Lukisan

Adapun seminar nasional tersebut terselenggara atas kerja sama UII dan MMD Initiative yang merupakan lembaga penelitian di bawah naungan Mahfud MD. Sejumlah narasumber yang hadir adalah akademisi Masykuri Abdillah, Tabita Kartika, Sukidi, dan Hamid Basyaib.

Direktur Eksekutif MMD Initiative, Asmai Ishak menyampaikan, lembaganya telah berdiri sejak 2013. MMD Initiative adalah lembaga yang menyuarakan cita-cita  Mahfud MD dalam menegakkan keadilan, demokrasi, HAM, dan etika.

MMD Initiative juga menjadi rumah Mahfud dalam penguatan demokrasi, etika, moral serta penegakan HAM. Asmai bersyukur, jangkauan MMD Initiative meluas ke seluruh Indonesia sebagai wadah menggaungkan ide-ide maupun cita-cita Prof Mahfud.

Baca: Eks TGUPP Soroti Nama Pj Heru Budi Hartono Tercantum di KJP

"Kita mengajak, mengingat Pak Mahfud sebagai akademisi dan alhamdulillah UII mau bekerja sama dengan kami, mudah-mudahan kerja sama ini bisa berkelanjutan dan bisa membuat sesuatu untuk negara ini," kata Asmai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler