Libur Panjang, Penumpang Pesawat di Bandara AP II Diperkirakan Tembus 1 Juta
Jika perlu, kapasitas kursi penerbangan di bandara AP II dapat selalu ditingkatkan.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara PT Angkasa Pura II siap menyambut penumpang pesawat pada masa libur panjang akhir pekan 9-12 Mei 2024.
Pgs SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro mengatakan seluruh bandara AP II memastikan ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara untuk mengakomodir permintaan penerbangan.
"AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik," kata Cin Asmoro dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (9/5/2024).
Jika diperlukan, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan yang dioperasikan maskapai. Cin Asmoro memastikan ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan penerbangan di bandara.
"AP II bersama maskapai berupaya untuk memastikan kapasitas penerbangan dapat memenuhi permintaan yang meningkat pada long weekend ini," ujar Cin Asmoro.
Dia menambahkan, pada periode 9-12 Mei 2024 jumlah penumpang pesawat di 20 bandara yang dikelola AP II diproyeksikan mencapai 1 juta orang.
Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada long weekend 9-12 Mei diperkirakan mencapai satu juta orang, di mana jumlah penumpang ini naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal. Sementara, untuk jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan.
Khusus Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan. Cin Asmoro menuturkan pada periode sibuk ini seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah ttitik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan.
"Fasilitas di sisi udara dan sisi darat dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara," ujar Cin Asmoro.
Bandara-bandara AP II juga telah melakukan sejumlah penataan interior terminal penumpang pesawat guna meningkatkan pelayanan, seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kini dilengkapi dengan hutan mini dan area hijau di sejumlah titik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih hijau dan lebih baik.
Akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta kini juga diperkuat dengan adanya East Flyover yang ada di area depan kawasan bandara guna semakin memudahkan kendaraan bermotor menjangkau segala arah. Bandara Soekarno-Hatta terus meningkatkan passenger journey experience secara berkelanjutan.
"Tentunya kami selalu berupaya agar peringkat Bandara Soekarno-Hatta terus dapat meningkat ke depannya melalui beragam peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat," ucap Cin Asmoro.