Prabowo Sebut Nama-Nama Presiden yang Mendukungnya, dari Jokowi, SBY Hingga Gus Dur

Prabowo sebut Jokowi mendukungnya sebagai Presiden.

Foto : MgRol112
Prabowo Subianto
Rep: Bayu Adji Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku didukung oleh kekuatan besar dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Kekuatan besar itulah yang mengantarkan Prabowo menjadi presiden terpilih.

Baca Juga


Menurut dia, kekuatan besar itu tak hanya berasal dari dukungan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Lebih dari itu, ada dukungan tiga presiden terdahulu kepada Prabowo.  

"Saya merasa di belakang saya kekuatan besar. PAN tetap setia, tapi di balik itu, saya merasa ada tiga presiden yang meng-endorse, mendukung saya," kata dia dalam kegiatan PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

Nama pertama yang disebut Prabowo tak lain adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut dia, Jokowi adalah sosok yang memberikan dukungan kepada dirinya untuk menjadi prediksi Indonesia. 

"Pertama tentunya, sudah lah enggak usah malu-malu, Presiden Jokowi (mendukung saya). Apalagi? Wajar itu. Saya juga enggak pernah sembunyi," kata dia.

Ia mengakui, dahulu Jokowi merupakan lawan politiknya. Namun, saat ini ia telah menjadi bagian dari tim Jokowi. Selain itu, Jokowi juga mendukungnya untuk menjadi presiden selanjutnya. 

Tak hanya didukung Jokowi, Prabowo juga mendapatkan dukungan dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Bahkan, dukungan SBY kepada Prabowo dilakukan secara terang-terangan. 

Prabowo menambahkan, dirinya juga mendapatkan dukungan dari Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. "Kan beliau endorse aku terus-menerus. Iya kan? Jadi beliau dukung saya dari langit. Aku yakin, beliau di belakang saya," kata dia.

Didukung Pak Harto dan Bung Karno

Tak cukup hanya dengan tiga nama presiden terdahulu, Prabowo menyebut Presiden Soeharto juga mendukungnya untuk memimpin Indonesia. "Saya kira, mungkin Pak Harto dukung saya juga ya kira-kira," kata Prabowo.

 

Bahkan, menurut dia, Presiden Soekarno juga disebut mendukung Prabowo. Pasalnya, ia mengeklaim, cita-cita Bung Karno merupakan hal yang diperjuangkannya saat ini.

Ia menyebutkan, Bung Karno memiliki cita-cita Indonesia dapat berdiri di atas kaki sendiri. Cita-cita itu juga merupakan bagian dari perjuangan Prabowo untuk menjadi presiden Indonesia. 

"Feeling saya, beliau (Bung Karno) juga dukung saya juga, kira-kira. Iya kan?" kata Prabowo. 

Menurut dia, pada dasarnya, Bung Karno merupakan milik rakyat Indonesia. Bung Karno bukan milik sekelompok orang atau partai politik.  "Walaupun ada yang ngaku-ngaku, seolah Bung Karno milik satu partai. Tidak. Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler