Belgia Jaga Peluang Bertahan di Euro 2024 Usai Kalahkan Rumania

Belgia mengalahkan Rumania 2-0 dan memuncaki Grup E Euro 2024 dengan tiga poin.

AP Photo/Martin Meissner
Playmaker Belgia Kevin De Bruyne (kiri) merayakan gol bersama rekannya Yannick Carrasco dalam pertandingan Grup E Euro 2024 melawan Rumania di Cologne, Jerman, Ahad (23/6/2024) dini hari WIB.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belgia menjaga peluang bertahan di Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 setelah meraih kemenangan perdananya pada laga kedua Grup E atas Rumania dengan skor 2-0 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Ahad (23/6/2024 dini hari WIB. Dua gol Belgia dicetak oleh Youri Tielemans pada menit kedua dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80.

Kemenangan Belgia ini membuat semua tim di Grup E memiliki tiga poin sehingga penentuan tim yang akan lolos ke fase gugur diketahui pada laga terakhir. Belgia yang menyodok ke posisi pertama klasemen sementara akan melawan Ukraina pada partai pamungkas,

Baca Juga


Rabu (26/6/2023) pukul 23.00 WIB di Mercedes-Benz Arena, Berlin. Sementara Rumania yang berada di posisi kedua melawan Slovakia di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada waktu yang sama.
Jalannya laga

Belgia yang membutuhkan kemenangan setelah kalah 0-1 dari Slovakia pada laga perdana, mengendalikan tempo permainan sejak awal.

Sang pelatih Dominico Tedesco membuat beberapa perubahan pada 11 pertamanya dibanding saat kalah 0-1 dari Slovakia pada laga perdana, salah satunya memainkan Tielemans sejak awal di posisi gelandang menggantikan Orel Mangala.

Hasilnya, gelandang milik Aston Villa itu menjawab pilihan sang pelatih dengan membuka keunggulan untuk Reds Devils pada menit-menit awal.

Pada menit kedua, berawal dari umpan pendek Romelu Lukaku, tendangan keras dari luar kotak penaltinya merobek jala gawang Rumania yang dikawal Florin Nita. Belgia unggul cepat 1-0.

Rumania yang meraih kemenangan meyakinkan pada laga perdana tak tinggal diam. Dua menit setelah gol Tielemans, mereka memperoleh peluang melalui sundulan Radu Dragusin yang masih ditepis kiper Belgia Koen Casteels.

Belgia hampir menggandakan kedudukan saat Dodi Lukebakio mendapatkan peluang pada menit ke-18. Namun, sayangnya tendangan kaki kiri pemain Sevilla itu ketika sudah berhasil cut inside masih dipatahkan Nita.

Belgia terus menggempur pertahanan Rumania untuk mencari gol kedua. Namun, tak kunjung juga mendapatkan gol.

Sementara hal yang sama juga bernasib untuk Rumania yang usahanya dengan ciri khas serangan transisi menyerang cepat masih nihil menemukan gol penyama kedudukan. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Rumania memulai babak kedua dengan baik melalui tendangan keras Dennis Man yang masih diamankan oleh Casteels pada menit ke-46.
Tiga menit setelahnya, melalui skema serangan cepat, Tricolorii kembali menaklukkan pertahanan Belgia. Namun, kali ini tendangan kaki kiri Valentin Mihaila masih melambung.

Belgia tak tinggal diam dimana melalui De Bruyne memiliki dua peluang gol pada menit ke-51 dan ke-54 yang sayangnya masih melebar tipis dan diselamatkan Nita. Jeremy Doku tak ingin ketinggalan mengancam gawang Rumania ketika tendangan yang berawal dari aksi individualnya masih menyamping dari gawang.

Pada menit ke-63, Romelu Lukaku menggandakan keunggulan Belgia saat memanfaatkan umpan terobosan De Bruyne. Namun, seperti halnya melawan Slovakia, nasibnya kembali tak beruntung karena golnya dianulir karena offside.

Kegagalan Belgia dalam mencetak gol kedua hampir dihukum Rumania yang mencuri kesempatan gol setelah Amadou Onana melakukan kesalahan umpan pada menit ke-68. Namun, beruntung Casteels kembali melakukan penyelamatan dengan memenangi duel satu lawan satunya dengan Dennis Man.

Gol kedua yang ditunggu Belgia akhirnya lahir pada menit ke-80. Berawal dari tendangan Casteels dari garis pertahanan, bola lambungnya menemui De Bruyne yang berhadapan dengan Dragusin sebagai orang terakhir sebelum kiper.

Pemain Manchester City itu pun memenangi duelnya dengan Dragusin sebelum menaklukkan Nita untuk kedua kalinya dan membawa Belgia unggul 2-0 yang bertahan hingga akhir laga.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler