Cetak Rekor! Penumpang Whoosh Capai 22.249 pada Kamis
Rata-rata harian volume penumpang Whoosh sekitar 17 ribu orang per hari
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kereta Cepat Whoosh mencapai jumlah penumpang harian tertinggi sejak dioperasikan secara komersial. Pada Kamis (27/6/2024), sebanyak 22.249 orang menggunakan Whoosh.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim. Kemudian 8.123 penumpang dari Stasiun Padalarang. Lalu 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, saat ini rata-rata harian volume penumpang Whoosh sekitar 17 ribu orang per hari. Adapun kenaikan volume pada akhir pekan ini juga dipengaruhi oleh momen libur sekolah. Banyak keluarga memakai jasa Whoosh untuk berlibur di Jakarta maupun di Bandung.
KCIC, jelas Eva, berterima kasih kepada penumpang yang sudah menggunakan Whoosh. Sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023, Whoosh telah melayani sebanyak 3,5 juta penumpang. Angka demikian memperlihatkan fakta masyarakat menjadikan Whoosh sebagai moda pilihan.
"Hal tersebut akan terus kami jaga untuk meningkatkan pelayanan Whoosh baik di Stasiun dan perjalanan," kata Eva, dalam siaran pers, Sabtu (29/6/2024).
Secara bertahap rata-rata penumpang harian Whoosh Juga bertambah. Pada Juni 2024, rata-rata penumpang Whoosh per hari mencapai 17,2 ribu orang. Jumlah ini meningkat tiga persen jika dibandingkan rata rata harian penumpang di bulan Mei 2024, yakni sebanyak 16,7 ribu atau meningkat 26 persen jika dibandingkan bulan April, yakni sebanyak 13,6 ribu individu per hari.
Penambahan perjalanan Whoosh...
Eva menjelaskan, peningkatan ini juga didukung melalui penambahan perjalanan Whoosh secara bertahap. Dari 14 perjalanan, 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan perhari sejak Desember 2023. Terkait Whoosh ada banyak inovasi.
Para calon penumbang bisa melakukan pembatalan dan mengubah jadwal secara online. Lalu penerapan tarif dinamis, layanan pemesanan rombongan, Frequent Whooser Card, Contact Center. Kemudian kerjasama destinasi wisata. Lalu integrasi antarmoda yang terus bertambah juga menjadi faktor-faktor penting. Ini memengaruhi peningkatan jumlah penumpang Whoosh secara bertahap.
"KCIC akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan. Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik yang ramah lingkungan," ujar Eva.
Ada beberapa salurun resmi dari KCIC untuk membantu para calon penumpang yang ingin menggunakan jasa Whoosh. Informasi lebih lanjut mengenai fasilitas, dan promo Whoosh, silakan menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke cs@kcic.co.id, serta Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.