Warganet Malaysia Puji Jersey Indonesia, Bandingkan dengan Negaranya

Jersey kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 karya Didit mendapat pujian.

NOC Indonesia
Jersey kontingen Indonesia yang akan dikenakan atlet selama berlaga Olimpiade Paris 2024.
Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jersey kontingan Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, ternyata menyita perhatian warganet Malaysia. Hal itu lantaran jersey dominan warna merah dan putih rancangan Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo alias Didit Hediprasetyo dianggap menarik dan elegan.

Baca Juga


Adapun sebelumnya kontingen Malaysia juga sudah mengenalkan jersey yang akan digunakan atlet mereka untuk tampil di Olimpade Paris. Sayangnya, warganet Malaysia menghujat seragam berwarna kuning dan hitam yang dipakaian di manekin.

BACA JUGA: Infografis Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah

"Uniform Olimpik Team Indonesia dah officially keluar. Safe to say yang Malaysia gagal teruk dalam design, presentation dan pemilihan sponsor termasuklah brand kasut yang support Israel. At this point, semoga Atlet Malaysia berjaya dan goodjob Team Indonesia! Indonesia X Li Ning," kata pemilik akun X @Januarhaikal dikutip Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (6/7/2024).

Januar pun mempertanyakan bagaimana cara kerja kontingen Malaysia dalam mengenalkan jersey terbaru mereka. Menurut dia, presentasi menggunakan atlet dan model kala mengenalkan jersey juga tepat.

"Approach Team Indonesia hampir sama dengan Team The Great Britain, straight forward kinda design tapi dia jadi presentable bila mereka gunakan real atlet dan proper photoshoot untuk full attire. I wonder team media @olympicmas dan @KBSMalaysia ni memang tak buat kerja ke?" ucap Januar.

Dia pun memuji kontingen Indonesia yang lebih menghargai karya seni dan desainar. "Indonesia was built differently. Mereka lebih menghargai arts and designs. Malaysia, we can do better and be better," ujar Januar.

Dia juga kemudian mengunggah status kontingen Malaysia akhirnya meluncurkan ulang jersey mereka dengan menggunakan atlet. Jersey yang terinspirasi dari warna harimau tersebut sebelumnya dikenakan di manekin dengan presentasi ala kadarnya hingga mengundang kecaman publik. "Design baju Malaysia SEBELUM dikritik dan design baju Malaysia SELEPAS dikritik masyarakat. Tetap AIBBB. Tetap takde proper photoshoot," kata Januar.

Status tersebut ternyata viral hingga ditanggapi ribuan warganet lainnya. "Aku tak salahkan designer sebab biasanya kat malaysia ni yg tukang approve design tu boomers yang dah sepatutnya bersara," ujar akun X @hazimsafari.

"Indonesia: Design: simple, presentation: good. Malaysia: Design: motif belang-belang sudah sering dipakai... Padahal banyak designer bagus di negeri Jiran. Presentation: kenapa harus pakai Mannequin... Atlet-atlet Malaysia banyak yang good looking + fotografernya keren-keren," ucap akun @BeatZiga.

Pengakuan Didit Prabowo...

Desainer jersey kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Didit Hediprasetyo alias Didit Prabowo menyebut karyanya, sebagai bentuk kontribusi mendukung perjuangan atlet Tanah Air di Olimpiade Paris. Dia mengungkapkan, keputusannya menerima tawaran mendesain jersey itu adalah amanah sehingga melakukannya dengan senang hati.

"Saya menerima tawaran ini karena salah satunya, sebagai cara saya untuk bisa berkontribusi dan berdedikasi bagi bangsa yang saya cintai ini. Saya bangga jadi orang Indonesia," kata Didit.

BACA JUGA: Amalan 1 Muharram 1446 H, Ini Keutamaan dan Jadwal Puasa Sunah

Dia mengakuim ide desain atau bentuk motif jersey itu terinspirasi bendera Merah Putih sedang berkibar. Didit berharap, jersey tersebut mendorong semangat para atlet yang akan berjuang dalam Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli sampai 11 Agustus.

"Harapannya untuk selalu berjuang dan meraih prestasi serta mengharumkan nama bangsa Indonesia," kata putra semata wayang dari Presiden terpilih RI Prabowo Subianto itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler