Ini Tokoh yang Jadi Top of Mind di Pilgub Jateng Menurut Survei Terbaru Indikator Politik

Survei terbaru Indikator Politik digelar pada 10-17 Juni 2024.

Republika/Raisan Al Farisi
Warga memasukan surat suara ke kotak suara. (Ilustrasi)
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia mengungkapkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi menjadi top of mind atau disebut pertama kali oleh responden sebagai bakal calon gubernur pada pilkada Jateng. Hal itu terungkap berdasarkan survei terakhir yang digelar pada 10-17 Juni 2024.

Baca Juga


“Dalam simulasi ini, Ahmad Luthfi tertinggi, tetapi tidak mencapai sepuluh persen, disusul oleh Dico (Bupati Kendal Dico Ganinduto), Taj Yasin (mantan Wakil Gubernur Jateng), Bambang Wuryanto (Ketua Komisi III DPR RI), Kaesang (Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep), masing-masing pada kisaran empat persen,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei yang disiarkan daring dan disaksikan dari Jakarta, Ahad (7/7/2024).

Menurut Burhanuddin, hasil survei menyimpulkan lebih dari dua per tiga warga Jateng belum mempunyai bakal calon gubernur Jateng favorit dalam pikiran mereka. Ia menyebut kesimpulan tersebut diambil olehnya karena ketika simulasi top of mind dilakukan, belum terdapat bakal calon yang mencapai angka lebih dari sepuluh persen.

“Jadi kecil-kecil ya, tak ada nama yang di atas sepuluh persen. Ini menegaskan kesimpulan saya tadi bahwa Jawa Tengah ini ibarat masih lapangan yang terbuka untuk siapa pun,” ujarnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa simulasi top of mind artinya pihaknya tidak memberikan pilihan jawaban apa pun kepada responden, dan siapa pun nama yang ada di kepala mereka dipersilakan untuk disebutkan ketika ditanya.

Indikator Politik Indonesia melakukan pengambilan sampel survei dengan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden. Responden merupakan warga negara Indonesia (WNI) di Jawa Tengah yang punya hak pilih dan berusia minimal 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Selanjutnya, pengumpulan data dilakukan pada periode 10-17 Juni 2024 dengan metode tatap muka. Sementara itu, toleransi kesalahan survei diperkirakan kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Survei Indikator Politik Indonesia juga mengungkapkan bahwa pesohor Raffi Ahmad menjadi tokoh terpopuler pertama untuk Pilkada Jateng. Di urutan kedua, ada nama Kaesang Pangarep.

“Wajar karena Raffi Ahmad ini artis. Kalau tiap puasa dari sebelum sahur sampai mau tidur ada dia terus di TV,” ujar Burhanuddin Muhtadi.

Walaupun demikian, ia menyebut meskipun Raffi terpopuler, elektabilitasnya rendah. Misalnya, kata dia, Raffi hanya meraih 0,8 persen sebagai bacagub yang menjadi top of mind atau disebut pertama kali oleh responden untuk di Pilkada Jateng.

“Mungkin karena Raffi dianggap tidak pas menjadi calon kepala daerah karena dia selama ini branding-nya (citra.) sebagai artis, selebriti,” jelasnya.

Adapun nama bacagub lainnya, lanjut dia, masih kurang populer dibandingkan Kaesang dan Raffi.

Akan tetapi, kata dia, mereka masih mempunyai ruang atau manuver yang cukup luas untuk meningkatkan popularitas, dan juga elektabilitas.

“Sementara buat Kaesang, itu ruang manuver untuk menaikkan dikenal sudah makin sempit karena tinggal 15 persen saja yang belum kenal Kaesang,” katanya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa belum ada jaminan bagi Kaesang untuk memenangkan Pilkada Jateng bila memutuskan berkontestasi nanti.

“Meskipun Kaesang sementara ini unggul, tetapi lagi-lagi kalaupun dia maju, itu tidak jaminan Kaesang akan menang mudah karena rival-rival yang lain masih sangat besar kemungkinannya untuk menyalip, terutama dengan bermodalkan menaikkan popularitas mereka yang sementara ini sangat kurang,” jelasnya.

Berdasarkan survei tersebut, Raffi menjadi terpopuler dengan mencatatkan 85,5 persen, disusul Kaesang 84,8 persen, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen 49 persen, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi 45,9 persen, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul 30,3 persen, dan Bupati Kendal Dico Ganinduto 27 persen.

Komik Si Calus : Dinasti - (Daan Yahya/Republika)
 

Sebelumnya, survei dari lembaga riset yakni Survey and Polling Indonesia (Spin) juga mencatat elektabilitas Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menduduki peringkat pertama dalam survei pertanyaan terbuka maupun tertutup terkait kandidat Gubernur Jawa Tengah. Direktur Spin Igor Dirgantara mengatakan nama jenderal bintang dua itu jauh meninggalkan kandidat-kandidat lainnya yang masih belum dapat memastikan posisinya masing-masing karena perolehan elektabilitasnya masih berselisih sangat tipis.

"Pertarungan antarkandidat masih sangat ketat dan situasi pertarungan masih sangat dinamis," kata Igor dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Dia menjelaskan survei Spin di Jawa Tengah tersebut dilakukan dalam kurun waktu tanggal 23 Juni hingga 1 Juli 2024 dengan total jumlah sampel 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurutnya kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP. Sebaran sampel menurutnya tersebar di 35 kabupaten/kota, dengan teknik pencuplikan sampel multistage random sampling.

"Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel," katanya.

Dalam pertanyaan terbuka tanpa memunculkan nama-nama, survei menghasilkan bahwa 13,7 persen responden menjawab nama Ahmad Luthfi yang akan dipilih seandainya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah diselenggarakan pada hari ini.

Sedangkan nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berada pada peringkat kedua yang dipilih oleh 7,6 persen responden. Sedangkan pada peringkat ketiga diisi oleh nama Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang dipilih oleh 7,5 persen responden.

Lalu pada pertanyaan tertutup yang menyodorkan nama-nama, survei menghasilkan bahwa nama Ahmad Luthfi berada pada peringkat pertama yang dipilih oleh 17,5 responden seandainya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah diselenggarakan pada hari ini.

Sama dengan survei pertanyaan terbuka, pada survei pertanyaan tertutup tersebut nama Kaesang menduduki peringkat kedua yang dipilih oleh 11,1 persen responden. Lalu nama Taj Yasin pun menduduki peringkat ketiga yang dipilih oleh 9,7 persen responden.


 

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler