Bumi Punya 7 Lapisan Berbeda, Begini Isyarat Alquran 14 Abad Silam dan Pembuktiannya

Alquran mempunyai sejumlah rahasia bumi yang belum terungkap

www.freepik.com
Planet bumi (ilustrasi). Alquran mempunyai sejumlah rahasia bumi yang belum terungkap
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para ilmuwan masih mengetahui sedikit sekali tentang rahasia bumi ini, karena mereka hanya mampu menembus ke bagian dalamnya hingga kedalaman tidak lebih dari 13 kilometer, padahal diameter bumi lebih dari 12,7 ribu kilometer, yang berarti mereka hanya menembus jarak yang diperkirakan hanya seperseribu dari diameter bumi!

Baca Juga


Mereka menekankan ketidakmungkinan untuk menembus lapisan bumi dan mengetahui komposisi yang sebenarnya, dan alasannya adalah karena suhu meningkat secara dramatis dengan kedalaman, dan tekanan meningkat dengan luar biasa, dan tidak ada mesin yang dapat menahan panas atau tekanan seperti itu, tidak peduli seberapa padatnya.

Allah berfirman dalam Surat at-Talaq ayat 12, menjelaskan bahwa bumi memiliki tujuh lapisan berbeda.

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا

“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.”

Tetapi ketika para ilmuwan mulai menjelajahi kedalaman bumi dan melakukan upaya untuk mengetahui rahasia struktur dan komposisinya.

Mereka menemukan bahwa mitos dan legenda yang berlaku di zaman sebelumnya tidak memiliki dasar ilmiah, dan setelah para ilmuwan menemukan bahwa bumi adalah sebuah bola, mereka berpendapat bahwa bagian dalam bola ini terdiri dari nukleus.

Permukaan bumi adalah kerak yang sangat tipis dibandingkan dengan ukuran bumi, dan di antara keduanya terdapat lapisan ketiga, mantel, dan dengan demikian para ilmuwan abad ke-20 memutuskan bahwa bumi hanya terdiri dari tiga lapisan.

Namun teori tiga lapisan bumi tidak bertahan lama karena penemuan baru dalam ilmu bumi, karena pengukuran dan pengujian modern menunjukkan bahwa materi di inti bumi memiliki tekanan yang sangat besar yaitu lebih dari 3 juta kali tekanan di permukaan bumi, dan di bawah tekanan ini, materi akan berubah menjadi padat, yang berarti inti bumi sangat padat!

 

Infografis fakta unik Alquran - (Republika )

Inti bumi dikelilingi oleh lapisan cair dengan suhu yang sangat tinggi, dan ini juga berarti bahwa ada dua lapisan di bagian dalam bumi, bukan hanya satu lapisan, yaitu lapisan padat di bagian tengah yang dikelilingi oleh lapisan cair.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Kemudian alat pengukuran berkembang dan menunjukkan kepada para ilmuwan perbedaan yang jelas antara bagian dalam bumi, jadi jika kita turun ke bawah kerak bumi, kita melihat lapisan batuan berapi, litosfer, dan kemudian tiga lapisan lain yang berbeda dalam hal kepadatan, tekanan, dan suhu.

Oleh karena itu, para ilmuwan mendapati diri mereka mengklasifikasikan lapisan-lapisan bumi menjadi tujuh lapisan, dan tidak mungkin lebih dari itu, dan gambar terlampir menunjukkan lapisan-lapisan ini dengan dimensinya sesuai dengan apa yang baru-baru ini ditemukan oleh para ilmuwan, yang merupakan salah satu fakta tertentu yang mereka ajarkan kepada para siswa mereka di universitas, dan yang mereka saksikan melalui seismometer dan dari studi teoritis tentang medan magnet bumi dan lainnya.

Para ilmuwan...

 

Para ilmuwan juga telah menemukan bahwa atom terdiri dari tujuh lapisan, dan ini menegaskan kesatuan penciptaan, karena sistem yang mengatur seluruh alam semesta adalah sama, seperti bumi memiliki tujuh lapisan, dan setiap atomnya memiliki tujuh lapisan juga.

Tujuh lapisan bumi sangat berbeda dalam hal komposisi, kepadatan, suhu, dan jenis materinya, sehingga kita tidak dapat menganggap bumi sebagai satu lapisan seperti yang dipercayai di masa lalu, dan di sini kita mendapati bahwa gagasan tentang lapisan-lapisan bumi merupakan gagasan yang relatif modern, dan tidak diusulkan pada masa pewahyuan Alquran.

Sebuah gambar yang menunjukkan tujuh lapisan bumi, dengan memperhatikan kerak bumi yang tipis, diikuti oleh empat lembar dengan ketebalan yang berbeda-beda, kemudian inti luar yang cair dan inti dalam yang padat, dengan total tujuh lapisan.

Kita melihat dari gambar yang dibuat oleh ilmuwan Amerika ini bahwa mereka membagi bumi menjadi tujuh lapisan, dan tidak mungkin lebih dari itu, karena semua eksperimen dan pengukuran yang dilakukan dengan timbangan yang paling akurat mendukung angka ini, dan oleh karena itu dapat dianggap bahwa bumi terdiri dari tujuh lapisan, yang satu di atas yang lain.

Lapisan bumi - (dok Istimewa )

Lapisan-lapisan ini dapat diberi nama secara berurutan: Kerak bumi. Litosfer. Zona kerentanan bumi. Mantel atas. Mantel bawah. Inti luar. 

INFO GRAFIS Fakta-Fakta Unik tentang Alquran - (Republika)

Jika kita merujuk pada hadits Nabi di awal penelitian ini, kita menemukan bahwa hadis tersebut menegaskan keberadaan tujuh bumi, yaitu tujuh lapisan yang saling menyelimuti satu sama lain, sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

من ظلم قيد شبر من الأرض طوقه من سبع أرضين

“Barangsiapa berbuat kerusakan sejengkal saja di muka bumi, maka ia akan dikelilingi oleh tujuh bumi.”

Rasulullah SAW  menjelaskan sifat ketiga dari lapisan tersebut dengan sifat ketiga, yaitu sifat melingkupi: “Dia melingkupinya dari tujuh lapis bumi”, yang berarti melingkupi dan mengelilinginya dari segala sisi, sebagaimana dalam kamus-kamus bahasa, dan ini memang realitas lapisan-lapisan bumi yang saling melingkupi satu sama lain.

Jika kita...

 

Jika kita perhatikan ayat surat Nuh ayat 15-16, yakni di dalam langit ini (di dalamnya), dan ini hanya dapat dicapai jika langit berada di atas langit yang lain dan bulan, matahari, dan bumi, yakni tata surya, terletak di dalamnya.

Dan inilah yang dilihat oleh para ilmuwan saat ini di mana mereka mengatakan bahwa galaksi kita terletak hampir di pusat alam semesta dan bukan di tepi alam semesta, dan jika kita melihat ke semua arah di sekitar kita, kita melihat galaksi-galaksi yang jauh yang semuanya berada pada jarak yang kurang lebih sama, dan ini adalah makna lain yang menegaskan bahwa bumi adalah lapisan seperti langit .

Dalam firman Allah, “thibaqan”, yang mengisyaratkan adanya lapisan-lapisan, terdapat kesesuaian yang tepat antara teks wahyu yang diwahyukan ke dalam hati Nabi SAẈ yang buta huruf dengan apa yang telah ditetapkan sebagai fakta ilmiah yang tak terbantahkan dan apa yang ditemukan oleh para ilmuwan sekarang ini bahwa bumi terdiri dari lapisan-lapisan, yang membawa kita kepada kesimpulan bahwa Alquran telah menetapkan bentuk bumi, yaitu berlapis-lapis, dan juga menetapkan jumlah lapisan-lapisan tersebut, yaitu tujuh, yang berarti bahwa Alquran telah mendahului para ilmuwan abad ke-20 sebanyak 14 abad dalam membicarakan realitas bumi.

Oleh karena itu, para penafsir yang berbeda dari ayat ini berbeda dalam memaknainya, dan perbedaan ini dengan sendirinya merupakan mukjizat ilmiah yang ajaib, karena jika ayat ini berasal dari manusia, dia akan menafsirkannya dengan ilmu yang dia miliki dan membuktikan perkataannya dengan bukti-bukti, apakah dia benar dan memiliki kebenaran, atau dia akan terbukti sebagai pendusta dan pernyataannya salah.

Namun karena teks ini tetap tidak berubah dan tidak berubah hingga hari ini, dan kemudian seseorang datang untuk memberitahukan kepada kita kebenaran berita ini setelah berabad-abad, maka berita ini telah menjadi bukti ajaib tentang ketulusan Nabi saw dan keluarganya dan bahwa beliau tidak berbicara berdasarkan angan-angan, tetapi merupakan wahyu dari Allah SWT.

BACA JUGA: Benarkah Sahabat Nabi SAW, Ibnu Abbas, Bolehkan Kawin Kontrak atau Nikah Mutah

Alquran dan Sunnah telah mendahului ilmu pengetahuan modern dalam hal fakta ilmiah ini, tetapi Alquran telah memberi kita nama yang tepat tentang kebenaran komposisi bumi melalui kata (thibaqa) dan telah memberi kita jumlah yang tepat dari lapisan-lapisan ini, yaitu tujuh, sementara para ilmuwan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan mengubah teori-teori mereka berkali-kali untuk sampai pada hasil yang sama yang disebutkan dalam Kitab Allah dan Sunnah Rasulullah SAW.

وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِينَ وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

Pada abad ke-20, para ilmuwan datang untuk memberitahu kita bahwa bumi memiliki tujuh lapisan setelah mereka berkali-kali mengubah pendapat mereka, tetapi pada saat yang sama kita membaca dalam sebuah buku yang diturunkan pada abad ke-6 Masehi bahwa bumi memiliki tujuh lapisan, dan pernyataan ini tidak berubah sejak diwahyukan hingga hari ini.

Infografis fakta unik Alquran - (Republika )

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler