Prabowo Bertemu SBY di Kertanegara Bahas Tantangan Presiden Lima Tahun ke Depan

Presiden Terpilih Prabowo yang diundang ke Rapimnas DPP PKS, batal hadir.

Dok. Republika
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Ke-6 RI sekakigus Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi kediaman pribadi Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2024) siang WIB. Keduanya bertemu dan berbincang selama sejam.

Dalam pertemuan tersebut, SBY memberikan masukan kepada Prabowo terkait tugas dan tantangannya ke depan sebagai Presiden Ke-8 RI. Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut, keduanya dalam pertemuan itu berdiskusi seperti biasa.

"Pak Prabowo mendengarkan masukan dari Pak SBY terkait tugas beliau dan tantangan kepemimpinan beliau lima tahun ke depan, mengingat kondisi geopolitik dan geostrategis yang sangat dinamis ke depan" kata Dahnil kepada wartawan.


SBY selepas bertemu Prabowo menolak menjawab pertanyaan wartawan yang menunggu di depan pagar rumah pribadi menteri pertahanan tersebut. Dia memilih langsung meninggalkan kediaman Prabowo.

Presiden Ke-6 RI itu terlihat keluar dari pintu rumah Prabowo sekitar pukul 14.15 WIB. Dia diantar oleh sang empunya rumah sampai depan kendaraan.

Di teras rumah, tepat di depannya ada mobil SBY terparkir, Prabowo dan SBY tampak bersalaman, kemudian Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sugiono dan Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, putra semata wayang Prabowo, juga ikut menyalami SBY.

SBY, yang mengenakan baju safari berwarna biru, juga sempat memberikan hormat kepada Prabowo, yang tak lama dia juga memberikan salam hormat yang sama ke SBY. Keduanya terlihat berbincang singkat, kemudian SBY pun masuk ke dalam mobilnya dan meninggalkan rumah Prabowo.

Prabowo, Sugiono, dan Didit Prabowo kemudian masuk ke dalam rumah. SBY dalam beberapa kesempatan termasuk saat peringatan HUT Demokrat di Jakarta bulan ini menyebut dirinya kerap berbincang-bincang dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Saya kerap berbincang-bincang dengan Presiden Terpilih. Beliau punya idealisme, punya agenda yang jelas, punya sasaran yang juga menurut saya tepat," kata SBY mengomentari visi dan misi Prabowo saat acara peringatan HUT Ke-23 Partai Demokrat di Jakarta pada 9 September 2024.

Kemunculan Prabowo itu sangat mengejutkan lantaran yang bersangkutan batal hadir di Rapimnas DPP PKS di MD Building, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Juru Bicara DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Mabruri menjelaskan, Presiden Terpilih Prabowo Subianto tidak menghadiri rapat pimpinan nasional PKS karena ada tugas kenegaraan.

"Pagi kami dapat kabar, Prabowo tidak bisa hadir karena ada tugas kenegaraan, kunjungan ke Filipina," kata Mabruri di Kantor Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS, Jakarta, Kamis.

Walaupun demikian, kata dia, Rapimnas PKS tetap berjalan karena sudah diagendakan partainya sejak lama. Menurut Mabruri, PKS  akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  PKS di Hotel Sahid Jaya, Jakarta Selatan pada 20-22 September 2024, dengan agenda membahas bagaimana PKS menyongsong Pilkada 2024 maupun desain organisasi ke depannya.

Dia menyebut, Prabowo tidak diundang oleh PKS untuk menghadiri agenda rakernas tersebut. "Kalau di rakernas tidak dijadwalkan. Dijadwalkan-nya di rapimnas ini, dan beliau tidak bisa hadir," ujar Mabruri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler