Kronologi Penemuan Tujuh Mayat Mengambang di Kali Bekasi, Berawal dari Cari Kucing

Polisi belum bisa simpulkan apakah 7 mayat itu korban pembunuhan atau insiden lain.

Tangkapan Layar
Tujuh mayat mengambang di Kali Bekasi
Rep: Rizky Suryarandika/Thr Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Penemuan tujuh mayat di Kali Bekasi, membuat heboh warga. Belum diketahui pasti identitas jasad-jasad tersebut, apakah korban pembunuhan atau insiden lain. 

Baca Juga


Kasat Reskrim Polres Bekasi Audy Joize Oroh, mengatakan, pada Ahad pagi ini, petugas dapat info dari masyarakat di sekitar  tempat kejadian perkara (TKP) terkait penemuan tujuh mayat tersebut.

Penemuan jasad itu, kata ia, berawal dari seorang warga yang sedang memberi makan kucing, namun tak ditemukan. Warga itu lantas mencari di sekitar sungai. Saksi ini kemudian yang melihat mayat-mayat mengambang tersebut.

"Saksi melihat mayat mengambang, lalu menghubungi warga lainnya," ujar Audy dalam wawancara di stasiun televisi nasional, Ahad (22/9/2024).

Kapolsek Jatiasih Kompol Danu Mega Winanto menjelaskan, awal mula penemuan ini saat saksi atas nama Syaekhu sedang berjalan di dekat masjid Al Ikhlas bertemu dengan ibu-ibu yang merupakan anggota komunitas kucing.
 
Para ibu-ibu memberikan informasi melihat mayat ketika sedang mencari kucing Angora yang hilang di sekitar kali.  "Selanjutnya saksi 2 (Syaekhu) mengecek di kali tersebut dan mendapati benar telah ditemukan lima orang mayat, yang selanjutnya saksi 2 memberitahukan informasi kepada saksi 1 (Eko Santoso) yang selanjutnya saksi 1 segera melaporkan ke Polsek Jatiasih, Koramil, dan BNPB," kata Danu dalam keterangannya, Ahad (22/9/2024). 
 
Selanjutnya anggota Polsek Jatiasih mendatangi TKP. Penemuan mayat ini diketahui warga sekitar pukul 06.00 WIB dan dilaporkan ke petugas polisi pada pukul 07.00 WIB.  "Benar mendapati tujuh orang mayat di kali Bekasi yang selanjutnya dievakuasi," ujar Danu. 
 
Korban tawuran?

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mengonfirmasi ihwal penemuan jasad-jasad tersebut.

"Benar, telah ditemukan 7 jenazah dan sudah dievakuasi ke RS Polri," ujar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, dalam keterangan kepada Republika, Ahad (22/9/2024).

Basarnas serta BPBD Kota Bekasi sedang melakukan susur sungai untuk memastikan tidak adanya korban lain. "Mengenai identitas korban dan penyebab sedang dalam penyelidikan polisi."

Sebelumnya, beredar video tujuh mayat ditemukan di Kali Belakang PGP Jatiasih, Bekasi. Kondisi mayat terlihat mengambang. Audy menyebut polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara. Namun belum diketahui tujuh identitas mayat-mayat tersebut.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi, Idham Chalid mengatakan  Berdasarkan informasi yang sementara ini diterima oleh BPBD Kota Bekasi, mayat-mayat itu diduga pelaku aksi tawuran.

Mereka diduga kabur ke sungai setelah aksi tawurannya ketahuan. Informasi tersebut diperoleh dari keterangan warga setempat.  "Informasi dari warga setempat tawuran. Dan jumlah mayat ada tujuh orang," ujar Idham. 

Untuk kepastiannya, pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan di lokasi penemuan mayat. Apalagi tujuh mayat yang ditemukan itu belum diketahui identitasnya.

Idham mengatakan, dari tujuh jenazah, belum semuanya diangkat karena adanya kendala evakuasi.  "Yang baru diangkat ada lima (mayat)," kata Idham kepada Republika, Ahad (22/9/2024). 

Idham menyampaikan tim BPBD dibantu oleh polisi, TNI, dan warga setempat terus menyisir lokasi temuan. Hal ini guna memastikan jumlah mayat. "Personel masih menyusur kali Bekasi," ujar Idham. 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler