Zulhas Usul ke Prabowo: Dubes untuk Timur Tengah Nanti dari Kadin

Perdagangan kita di Timur Tengah itu sepertiganya Thailand dan Vietnam, kecil sekali.

Dok Republika
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menghadiri acara peringatan HUT ke-56 Kadin Indonesia Menara Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024).
Rep: Muhammad Nursyamsi Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mendorong figur dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjadi duta besar (dubes) di negara Timur Tengah. Zulhas mengaku, telah menyampaikan usulannya langsung kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Baca Juga


"Perdagangan kita di Timur Tengah itu sepertiganya Thailand dan Vietnam, kecil sekali, padahal Timur Tengah itu pasar yang sangat sangat potensial dan atraktif sekali," ujar Zulhas dalam silaturahim dengan Kadin Provinsi dan Asosiasi sekaligus perayaan HUT Ke-56 Kadin Indonesia di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024).

Zulhas menyampaikan, sekarang ini, banyak negara berlomba-lomba memasuki pasar Timur Tengah, mencakup Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Bahrain, hingga Oman. Sementara Indonesia relatif tertinggal lantaran hanya fokus pada urusan haji dan umrah serta domestic worker jika berurusan dengan Timur Tengah.

"Makanya saya usul ke Pak Prabowo, itu di Arab, dubes kiai bagus, tapi besok-besok dari Kadin saya bilang. Biar ngomongnya dagang dan bisnis, enggak domestic worker terus. Pengusaha ketemu pengusaha, kiainya jadi wakil (dubes)," ucap ketua umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Zulhas menyebut, langkah itu akan menjadi terobosan baru dalam memperluas akses pasar Indonesia di kancah global. Dia menilai, Indonesia jangan terlalu bergantung kepada pasar tradisional, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Zulhas menyampaikan, pasar baru, seperti Afrika dan Timur Tengah dapat menjadi peluang besar dalam meningkatkan perdagangan Indonesia di kancah internasional. Dia menambahkan, banyak konglomerat dari Cina dan negara Eropa yang mulai ekspansi ke Timur Tengah.

"Kadin jangan hanya lihat AS atau Eropa. Afrika itu besar, Cina sudah masuk di sana. Timur Tengah apalagi, banyak konglomerat dari Barat dan Cina datang ke sana," kata Zulhas.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler